Hari Pendidikan Nasional Jatuh Pada Tanggal 2 Mei, Ini Kutipan Inspiratif dari Ki Hajar Dewantara

- 3 Mei 2021, 04:25 WIB
Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei untuk memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara
Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei untuk memperingati hari kelahiran Ki Hajar Dewantara /Foto dokumen LP3M Yogyakarta /

BERITA SUBANG - Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei, yang merupakan peringatan lahirnya pahlawan pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Hari kelahiran Ki Hajar Dewantara, yang bernama lengkap Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, diperingati sebagai hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei.

Ki Hajar Dewantara lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889, pada semasa hidupnya adalah politisi dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, yang juga diakui sebagai kolumnis, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Untuk mengenang jasa-jasanya pada dunia pendidikan, hari pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, yakni hari kelahiran sang pendiri Perguruan Taman Siswa.

Taman Siswa adalah lembaga pendidikan di masa penjajahan yang memberi kesempatan untuk para pribumi untuk dapat memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi (bangsawan Indonesia) maupun orang Belanda. 

Baca Juga: Hari Pendidikan Nasional 2021 Twibbon, Download dan Pasang Bingkai Foto Twibbon Hardiknas 2021

Di Indonesia, Hardiknas, yang jatuh setiap tanggal 2 Mei kerap diisi dengan berbagai aktivitas. Namun, untuk mengenang Ki Hajar Dewantara, beberapa kutipannya terkait pendidikan layak untuk kita cerna dan renungkan.

Begitu besar jasa Ki Hajar, sehingga semboyan ciptaannya, yakni tut wuri handayani, menjadi yang berarti "(tenaga pendidik) mendorong dari belakang" dijadikan slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Nama Ki Hajar Dewantara dipakai pada nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x