Ini Sederet Janji Gus Menteri untuk Bantu Pendidikan Pesantren

- 20 Januari 2021, 12:47 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas /Kemenag

BERITA SUBANG - Kementerian Agama (Kemag) pada tahun ini telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu penyelenggaraan pendidikan pesantren.

"Sejumlah program afirmasi pesantren sudah kita siapkan di 2021. Kami menyebutnya sebagai program penguatan dan pengembangan pesantren," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam siaran pers, Rabu 20 Januari 2021.

Gus Menteri, sapaan akrab Menag menyebutkan, program tersebut mencakup aspek akademik, kelembagaan, sumber daya manusia(SDM), serta bantuan sarana prasarana(sarpras).

Penguatan SDM, kata Gus Menteri, antara lain akan dilakukan dengan memberikan program afirmasi bagi peningkatan kualifikasi akademik pengajar pesantren, khususnya Ma'had Aly.

 "Kami akan memberikan beasiswa pascasarjana bagi para dosen Ma'had Aly," jelas Gus Menteri.

Baca Juga: Bukan Orang Sembarangan, Istri Kedua Alm Syekh Ali Jaber Deva Rachman Puteri Tokoh Pendidikan

Adapun afirmasi lainnya adalah pendampingan program sertifikasi bagi ustadz pesantren, utamanya mereka yang mengajar di Ma'had Aly, diniyah formal, dan mu'adalah.

"Kami menargetkan ada 6.000 tenaga pendidik pesantren yang bisa menerima manfaat beasiswa atau sertifikasi ini," kata Gus Menteri.

Gus Menteri menyebutkan, penguatan SDM akan berdampak juga pada aspek penguatan kelembagaan pesantren. Kemag akan melakukan pendampingan terhadap proses akreditasi Ma'had Aly hingga sampai pada tingkat Mumtaz atau "A".

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah