Sang Penerus Penguasa Tahta Langit Lahir, Elang Jawa Itu Diberi Nama Prawara

- 18 April 2021, 18:38 WIB
Lahir burung elang Jawa atau Nisaetus bartelsi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Lahir burung elang Jawa atau Nisaetus bartelsi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak /Biro Hubungan Masyarakat, KLHK/

BERITA SUBANG - Sang Penerus Penguasa Tahta Langit, yakni burung elang Jawa atau nisaetus bartelsi melahirkan seekor anak elang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, pada awal April 2021. Garuda Kecil yang baru lahir itu diberi nama “Prawara” yang dalam bahasa Sansekerta berarti Paling Terkemuka.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) pada Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (Taman Nasional GHS), Wardi Septiana, menjelaskan kelahiran ini memang secara khusus dan rutin dipantau oleh tim monitoring Elang Jawa Balai TNGHS sejak bulan Desember 2020. Setiap aktivitas dari pasangan Elang Jawa ini direkam, dari mulai penataan sarang, pengeraman telur, dan sampai menetas.

Baca Juga: Angin Segar Bagi Pembudidaya, Sarang Burung Walet Indonesia Diminati 23 Negara

"Kami menggunakan teknologi dan memasang kamera CCTV di dekat sarangnya. Selain itu, kami juga mengkoneksikan ke jaringan internet segala aktivitas Pasangan Elang Jawa selama proses perkembangbiakannya dapat secara online termonitor di Android," jelas dia dalam keterangannya, Jakarta, Minggu, 18 April 2021.

Elang Jawa merupakan salah satu dari tiga spesies kunci di Taman Nasional GHS dan sebagai satwa endemik Pulau Jawa. IUCN mengkategorikan Elang Jawa sebagai jenis satwa terancam punah dan Pemerintah Indonesia menetapkan Elang Jawa sebagai jenis satwa dilindungi.

Elang Jawa hanya mengalami satu kali masa berkembangbiak dalam dua tahun itupun jumlah telurnya hanya satu butir sehingga secara alami memiliki populasi yang rendah. Masa bersarang merupakan masa yang paling penting dalam siklus hidup burung pemangsa untuk keberlanjutan keberadaannya.

Baca Juga: Perkuat Ketahanan Pangan Di Subang, Sang Hyang Seri Budidaya Bawang Merah Jelang Lebaran Dengan Gandeng PT AOA

Oleh karena itu, salah satu rencana aksi dalam upaya untuk meningkatkan tingkat kesuksesan perkembangbiakan atau breeding success Elang Jawa adalah dengan melindungi pohon sarang Elang Jawa yang aktif.

Di dalam ekosistem, Elang Jawa mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai indikator terjaganya suatu kawasan hutan. Secara umum habitat Elang Jawa berada pada hutan primer dan sebagian kecil hutan sekunder yang berdekatan atau berbatasan dengan ecotone.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah