Jokowi Perlu Pertimbangkan Abdul Mu’ti Sebagai Kandidat Kemendikbudristek

- 14 April 2021, 11:21 WIB
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti. //Instagram/@abe_mukti

BERITA SUBANG - - Pemerintah perlu mempertimbangkan Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah,  menjadi salah satu kandidat menteri di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari hal ini bisa dilakukan, jika Presiden Jokowi merencanakan untuk merombak (reshuffle) kabinet.

"Waktu itu kan diproyeksikan menjadi calon Wakil Menteri Pendidikan tetapi kan batal, konon kabarnya karena Muhammadiyah kurang berkenan, sebab dari NU Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama," tutur Qodari dalam keterangan tertulisnya, Selasa 13 April 2021.

 Baca Juga: Pertimbangan Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir Agar Masyarakat Tidak Mudik Lebaran 2021

Postur kementerian sendiri, menurut Qodari menjadi proporsional, secara tradisi Menteri Pendidikan berasal dari latar belakang Muhammadiyah, sedangkan Kementerian Agama menjadi wilayahnya Nahdlatul Ulama (NU).

"Supaya imbang dan proporsional ada kemungkinan Prof Abdul Mu’ti ini akan menjadi menjadi Menteri Pendidikan yang baru karena memang secara tradisi yang namanya Menteri Pendidikan itu biasanya punya latar belakang Muhammadiyah, sementara untuk NU jatahnya dari Menteri Agama, jadi klop kayaknya," jelasnya.

Menurut Qodari, Muhammadiyah akan mendukung bila Abdul Mu’ti diangkat jadi menteri, bukan wakil menteri sebagaimana tawaran pada reshuffle kabinet pada Januari 2021 lalu.

 Baca Juga: Perombakan Menteri Menguat, Ngabalin Sebut Jokowi Tak Punya Ketergantungan, Reshuffel Pekan Ini

"Rasanya PP Muhammadiyah pasti dukung kalau Prof Abdul Mu’ti jadi Mendikbudristek," ungkap Qodari.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah