Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi di Karawang, Komnas PA Jabar Minta Pemkab Seriusi Kabupaten Layak Anak

- 31 Maret 2021, 01:25 WIB
Ilustrasi kekerasan anak dan perempuan.
Ilustrasi kekerasan anak dan perempuan. /Pixabay/geralt

BERITA SUBANG - Komisi Nasional Perlindungan Anak Jawa Barat menilai kasus kekerasan terhadap anak, termasuk kasus pencabulan anak, masih tinggi di Kabupaten Karawang.

Oleh karena itu, Komnas PA meminta Pemerintah Kabupaten Karawang serius menjadi pemandu implementasi daerah sebagai kabupaten layak anak.

Diberitakan di berbagai media mainstream sebelumnya, pada 9 Maret 2021 satuan Reskrim Polres Karawang mengamankan seorang pria berusia 33 tahun yang diduga melakukan pencabulan anak di bawah umur.

Baca Juga: Pada Acara Defense Tour, PT Pindad Jelaskan Sedang Bersiap Ekspor Produknya ke Thailand, Bangladesh dan AS

Pencabulan tersebut terjadi kepada anak tetangganya sebanyak dua kali yang masih dibawah umur. Ada juga kasus lainnya yang sudah terungkap ke publik.

"Kami sangat menyayangkan masih tingginya kasus tindak kekerasan seksual terhadap anak di Karawang selama beberapa bulan terakhir ini," kata Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Jabar Wawan, seperti dikutip ANTARA Selasa, 30 Maret 2021.

Wawan, yang berbicara kepada wartawan di Karawang, mengatakan masih tinggi kasus kekerasan seksual terhadap anak itu merupakan pekerjaan rumah bagi Pemkab Karawang dan ke depannya, pemkab diharapkan dapat mengimplementasikan Kabupaten Layak Anak.

Baca Juga: Mahfud MD Bilang Pemerintah Tetap Perpanjangan Dana Otsus Papua, Meski Ditengah Revisi UU Otsus

Menurut dia, pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual terhadap anak itu memerlukan peran serta semua pihak. Mulai dari pemerintah, orang tua, hingga lingkungan tempat tinggal.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah