Kemenag RI Gelar Harmonisasi Moderasi Beragama, Menyusun Modul Penanganan Konflik Paham Keagamaan di Indonesia

- 21 Maret 2021, 02:09 WIB
Urais Binsyar Kemenag RI gelar harmonisasi moderasi beragama paham keagamaan di Indonesia, di Hotel Horison Grand Serpong, Kamis-Jumat, 18-19 Maret 2021.
Urais Binsyar Kemenag RI gelar harmonisasi moderasi beragama paham keagamaan di Indonesia, di Hotel Horison Grand Serpong, Kamis-Jumat, 18-19 Maret 2021. /Foto Bimas Islam Kemenag RI/

BERITA SUBANG - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag RI Moh Agus Salim menggelar harmonisasi program prioritas moderasi beragama di Hotel Horison Grand Serpong, Kamis dan Jumat Tanggal 18 dan 19 Maret 2021.

Program tersebut diantaranya membentuk Forum Grup Diskusi (FGD) penyusunan naskah Modul Penanganan Konflik berdasar moderasi beragama dengan paham keagamaan di Indonesia.

Modul tersebut disusun melalui integrasi materi dan data penanganan konflik di lapangan untuk dijadikan standar prosedur penanganan konflik bagi para pejabat teknis

Menurut Agus selama ini tidak tersedia informasi peta permasalahan konflik paham keagamaan di Indonesia, "sehingga diperlukan melibatkan penyuluh agama untuk mendokumentasikan dan mengintegrasikan basis data yang ada di masyarakat".

Baca Juga: Kemenag Siapkan Pilihan Materi dan Referensi khutbah Jumat

Baca Juga: Jadwal Sholat di Subang Jawa Barat Hari Ini Berlaku Hari Minggu Tanggal 21 Maret 2021

"Selain itu karena belum adanya regulasi terkait standar mutu buku umum keagamaan, dan buku yang beredar tidak sesuai dengan nilai moderasi beragama," ucapnya.

"Maka kami menggelar FGD penyempurnaan dan harmonisasi RPMA (Rancangan Peraturan Menteri Agama) buku umum keagamaan, sehingga ada standar, dan buku yang diedarkan sudah dapat lembar pengesahan tentang moderasi beragama," terangnya.***

 

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede

Sumber: Bimas Islam Kemenag RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah