Refly Harun : Politik Dinasti Keluarga SBY di Partai Demokrat Perlu Dibenahi

- 16 Maret 2021, 11:44 WIB
Pakar hukum tata negara Refly Harun mengingatkan Partai Demokrat perlu membenahi diri agar tidak sarat dengan oligarki atau politik dinasti keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Pakar hukum tata negara Refly Harun mengingatkan Partai Demokrat perlu membenahi diri agar tidak sarat dengan oligarki atau politik dinasti keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). /Instagram @reflyharun

BERITA SUBANG -Pakar hukum tata negara Refly Harun mengingatkan Partai Demokrat perlu membenahi diri agar tidak sarat dengan oligarki atau politik dinasti keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau begini memang Partai Demokrat menjadi partai keluarga dan tidak ada bedanya dengan partai-partai lain yang memang one person show atau sangat dipengaruhi oleh oligarki atau dinasti keluarga," ujar Refly Harun seperti dikutip dari kanal YouTube Refly Harun, Senin, 15 Maret 2021.

Refly Harun mencontohkan, kentalnya dinasti keluarga SBY bisa dilihat rotasi  jabatan seperti jabatan Ketua Majelis Tinggi, Ketua Umum, dan Wakil Ketua Umum yang dikuasai keluarga SBY.

"Kita tahu itu akan berganti-ganti. Kalau Ketua Majelis tinggi berhalangan,  maka akan digantikan oleh Wakil Ketua Majelis tinggi yang tidak lain adalah Ketua Umum. Kemudian kalau Ketua Umum berhalangan, Wakil Ketua Umum yang akan menggantikan. kalau begini memang Demokrat sudah menjadi partai keluarga,"  kata Refli Harun.

Refli Harun juga mengkritik AHY yang tiba-tiba menjabat menjadi Ketua Umum Partai Demokrat tanpa kaderisasi yang jelas.

Baca Juga: Tak Terima Nama Kampus dan BEM Dicatut AHY, Puluhan Mahasiswa Geruduk Kantor Partai Demokrat

"Bagaimana mungkin AHY tiba-tiba menjadi Ketua Umum partai politik tanpa kaderisasi dan meniti jenjang karier yang jelas. Hal tersebut harus menjadi koreksi dari Partai Demokrat.," kata Refly Harun.

Refli Harun berpendapat, walaupun AHY dikenal sebagai sosok yang mapan, bahkan disebut-sebut juga sebagai calon presiden 2024, namun kaderisasi partai politik harus ditaati.

Sebagaimana diketahui, Partai Demokrat pada kongres 2020 secara aklamasi mengangkat AHY putra SBY sebagai ketua umum untuk lima tahun ke depan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x