Puluhan Orang Tewas Dampak Gempa M6,2 di Sulawesi Barat

- 15 Januari 2021, 22:46 WIB
Tim Basarnas mengevakuasi dua korban tewas dari reruntuhan bangunan di Mamuju dampak gempa 6,2 Mangnitudo.
Tim Basarnas mengevakuasi dua korban tewas dari reruntuhan bangunan di Mamuju dampak gempa 6,2 Mangnitudo. /Tangkap Layar Video tim Basarnas. doc/

BERITA SUBANG-Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia 42 orang di dua Kabupaten yakni di Mamuju 34 orang tewas dan 8 orang tewas di Majene, dampak akibat gempa 6,2 magnitudo yang terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021, pukul 02.28 Wita dini hari.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan persnya menyebutkan selain korban jiwa yang meninggal dunia, juga kerusakan bangunan.

Baca Juga: Delapan Warga Majene Tewas dan Lebih dari 600 Luka Dampak Gempa 6,2 Magnitudo

"Dari pemuktakhiran Pusdalops BNPB data kerusakan di Kabupaten Mamuju antara lain Rumah Sakit Mitra Manakarra rusak berat, RSUD Kabupaten Mamuju rusak berat serta kerusakan di Pelabuhan Mamuju dan Jembatan Kuning yang berlokasi di Takandeang, Tapalang Mamuju," ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Majene setidaknya data sementara 300 unit rumah rusak yang kini masih dalam proses pendataan. Selain itu, terdapat tiga rumah sakit yang saat ini aktif untuk pelayanan kedaruratan di Kabupaten Mamuju, antara lain RS Bhayangkara, RS Regional Provinsi Sulawesi Barat dan RSUD Kabupaten Mamuju.

BACA Juga: Basarnas Disela Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 Dibayangi 3 Bencana Nasional

Sementara, tim Basarnas Palu bersama tim SAR gabungn melakukan evakuasi terhadap dua korban yang terjebak di reruntuhan bangunan Jalan Abdul Wahab Kabupaten Mamuju sekitar sore waktu setempat. Proses evakuasi terhadap korban memakan waktu kurang lebih dua jam.

Korban kemudian dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia atas nama Suranto dan Nurfaidah pada pukuk 19.18 Wita, serta dibawa ambulance menuju RS Bhayangkara Mamuju untuk proses selanjutnya. Diperkirakan data sementara korban meninggal dunia di Mamuju menjadi 36 orang, di Majene 8 orang, jadi total 44 jiwa tewas dampak gempa tersebut.

BACA Juga: Jokowi Belasungkawa Terhadap Keluarga Korban Gempa 6,2 Magnitudo di Sulawesi Barat

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x