Survei SMRC : 75 Persen Publik Percaya Jokowi Mampu Bawa Indonesia Keluar dari Krisis Ekonomi

- 29 Desember 2020, 21:22 WIB
Presiden Jokowi Sambutan Raker Kejaksaan 2020 secara virtual.
Presiden Jokowi Sambutan Raker Kejaksaan 2020 secara virtual. /Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden/BPMI Setpres

 

BERITA SUBANG - Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mencatat 75% publik percaya bahwa Presiden Joko Widodo mampu membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi akibat wabah Covid-19. Sementara itu yang tidak percaya sebesar 18%.

"Tingginya tingkat keyakinan ini terlihat di survei-survei SMRC sepanjang Mei sampai Desember 2020," kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam pernyataan daring survei nasional SMRC bertajuk "Sentimen Publik Nasional terhadap Kondisi Ekonomi-Politik tahun 2020 dan Prospek 2021", di Jakarta, Selasa  29 Desember 2020.

 Baca Juga: Tiga Pilar Diduga Tersangkut Kasus Bansos Paket Sembako Kemsos

Menurut dia survei SMRC menunjukkan walaupun hampir 80% warga menganggap kondisi ekonomi Indonesia lebih buruk dibanding tahun lalu, namun pada saat yang sama mayoritas warga percaya bahwa kondisi ekonomi akan membaik.

"Kepercayaan membaiknya kondisi ekonomi ini tampaknya berhubungan dengan keyakinan masyarakat bahwa Pemerintahan Jokowi sudah menangani krisis ekonomi dengan baik," ujar Abbas.

Selain itu, mayoritas publik puas dengan kinerja pemerintah menangani krisis ekonomi akibat Covid 19. Sekitar 57% warga merasa puas, sementara masyarakat yang merasa tidak puas sebesar 39%.

Baca Juga: Pemerintah Tidak akan Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta Kasus Tewasnya Enam Laskar FPI

"Sebanyak 57 persen warga mengaku merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani krisis ekonomi akibat pandemi," kata dia.

Menurut Abbas, kepuasan dengan kinerja pemerintah menangani pemulihan ekonomi akibat Covid-10 secara umum positif dan cukup stabil. Pada survei 9-12 September 2020 angkanya adalah 53%, sementara dalam survei terakhir ini menaik sedikit menjadi 57%.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah