Ribuan Pelayat Lepas Kepergian ulama kharismatik Pasuruan Habib Hasan Assegaf

- 28 Desember 2020, 23:39 WIB
Habib Hasan Assegaf
Habib Hasan Assegaf / Tangkapan layar youtube/arahkata.pikiran-rakyat.com



BERITA SUBANG - Ribuan pelayat melepas kepergian ulama kharismatik Pasuruan, Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf, Senin 28 Desember 2020.

Habib Hasan Assegaf yang dikenal sebagai sosok ulama yang kharismatik wafat di usia 64 tahun, Minggu 27 Desember 2020 dini hari sekitar pukul 2.00 WIB saat menjalani perawatan di Nasional Hospital Surabaya.

Jenazah almarhum dibawa ke rumah duka di Kota Pasuruan. Baru pada Senin 28 Desember 2020, sekitar pukul 14.00 WIB, jenazah dibawa ke Masjid Jami' Al-Anwar Kota Pasuruan untuk dishalati dan kemudian dimakamkan.

Yang menarik dan tidak terduga, prosesi pemakaman Habib Hasan dihadiri ribuan pelayat. Pelayat yang datang berdesakan memadati Masjid Jami Kota Pasuruan yang terdiri dari dua lantai. Bahkan, para pelayat juga memenuhi jalan di depan masjid serta di Alun-Alun Kota Pasuruan

Ketua Lakpesdam NU Kota Pasuruan Zulkarnain Mahmud mengatakan, masyarakat Pasuruan sangat menghormati Habib Hasan dengan segala kesederhanaannya.

Zulkarnain menilai, Habib Hasan adalah sosok yang sangat baik. Dalam kondisi apapun, apabila diundang warga, selalu berusaha hadir.

“Siapapun yang mengundang, baik orang kaya maupun orang miskin beliau selalu hadir dan tidak pernah membeda-bedakan orang yang mengundangnya. Semua diperlakukan sama dan hormat," kata Zulkarnain.

Baca Juga: Mahfud MD Tegaskan Lahan Ponpres FPI di Megamendung Bukan Lahan Terlantar

Sementara itu, putra almarhum Habib Hasan Assegaf yaitu Habib Abdullah bin Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf menceritakan kronologi kejadian dari sejak sakit hingga wafat.

Menurut Habib Abdullah pada hari Senin 21 Desember 2020, Habib Hasan mengeluhkan sakit lambung dan usus.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x