5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Lebaran ke Kampung Halaman

- 21 April 2022, 14:50 WIB
Ilustrasi mudik menggunakan motor.* /kabar banten
Ilustrasi mudik menggunakan motor.* /kabar banten /


BERITA SUBANG - Tinggal beberapa hari lagi masyarakat kita akan merayakan Lebaran Idul Fitri 1443H. Banyak dari masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.  Mudik sudah menjadi tradisi di negeri kita jelang hari raya Idul Fitri.

Mudik juga tentunya menjadi momen yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat yang tengah merantau di luar r kota untuk pulang ke kampung halaman dan melepas kerinduan bersama dengan keluarga tercinta.

Berikut 5 tips mudik lebaran yang aman dan nyaman, seperti dilansir dari Antara:

1.Mencari Informasi Harga Tiket

Mencari tahu seputar harga tiket sangatlah penting untuk dilakukan. Anda dapat melakukan perbandingan harga dari tiap transportasi yang akan digunakan untuk pulang kampung.

Baca Juga: Klik Eform BRI, Ada BLT UMKM Rp600 Ribu Sudah Cair Jelang Lebaran 2022

Pilihan transportasi untuk mudik sendiri Anda dapat menggunakan pesawat, kereta, bus dan lainnya.

Pesawat tentunya menjadi pilihan tepat untuk mudik kala bergelut dengan waktu. Namun, tentunya harga tiket pesawat terbilang cukup mahal.

Meski begitu, Anda dapat menggunakan armada bus agar dapat menikmati perjalanan dengan santai dan tiketnya relatif murah.

2.Menghitung Biaya

Setelah cari tahu soal harga tiket, selanjutnya Anda dapat menghitung budget yang dimiliki.

Melakukan penghitungan biaya sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut tentunya sangat berguna agar Anda tidak terbebani dengan biaya transportasi yang berlebih.

Baca Juga: Pastikan Bantuan BPNT Sembako April 2022 Rp900 Ribu, Cek Perima di Bansos Kemensos

3.Pesan Tiket Perjalanan

Setelah budget dihitung, langkah berikutnya adalah memesan tiket perjalanan. Agar Anda merasa aman dan nyaman, sebaiknya lakukanlah pemesanan tiket secara online.

4.Persiapkan Barang Bawaan

Persiapkanlah barang- barang yang hendak Anda bawa saat akan mudik, mulai dari pakaian, perlengkapan kesehatan, kartu identitas dan lainnya.

Bahkan, Anda juga tentunya dapat menyiapkan buah tangan untuk orang-orang tercinta di kampung halaman.

5.Tidak Memakai Perhiasan Berlebihan

Saat mudik, hindarilah memakai perhiasan yang berlebihan. Bukan tanpa alasan, simpul transportasi seperti terminal, bandara, stasiun dan lainnya tentu akan sangat ramai saat masa mudik tiba.

Tidak hanya itu, menghindari pemakaian perhiasan berlebih juga dapat memberikan rasa nyaman pada Anda lantaran tidak menjadi sorot mata bagi orang-orang yang hendak berperilaku kriminal.

Itulah 5 tips mudik yang aman dan nyaman jelang Lebaran ke kampung halaman.***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x