Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022: Berani Mengatakan Kebenaran

- 11 Juli 2022, 21:33 WIB
Renungan Harian Katolik Hari Ini
Renungan Harian Katolik Hari Ini /Pixabay/


BERITA SUBANG - Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022 dilengkapi dengan Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil dan doa harian.

Bacaan Pertama pada Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022 terambil dari Yes 7: 1-9

Mazmur Tanggapan pada Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022 yaitu Mzm 48: 2-3a, 3b-4, 5-6, 7-8

Bacaan Injil Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022 adalah Mat 11: 20-24

Berikut Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022 yang dikutip dari Renungan Harian Katolik:

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 11 Juli 2022: Bukan Hal yang Mudah

Salah satu ciri seorang nabi adalah berani mengatakan kebenaran meski tidak diterima oleh orang lain. Nabi menjadi corong untuk mengingatkan tentang kebenaran yang sudah jauh dari bangsa tertentu.

Dan tidak semua orang bisa menerima kritikan yang diungkapkan para nabi. Banyak nabi yang akhirnya mati karena mewartakan kebenaran.

Hari ini bagian kenabian Yesus muncul dengan tajam. Yesus mengecam dan mengkritik kota-kota yang tidak bertobat.

Bukan sembarang kota, tetapi kota-kota dimana Yesus melakukan banyak mukjizat diluluhlantakkan dengan kecaman Yesus.

Kota-kota yang ‘disayang’ oleh Yesuspun tidak luput dari kecaman dan kritikan. Artinya, Yesus tidak tunduk pada relasi dan kepentingan tertentu. Satu-satunya kepentingan-Nya adalah mewartakan Kerajaan Allah.

Kecaman-Nya bukan atas dasar dendam, benci, dan niat untuk menghancurkan. Ia mengecam karena menghendaki keselamatan bagi semua orang.

Baca Juga: Innalillaahi, Empat Warga Patrol Indramayu Tewas Gosong Terpanggang Api Korban Mobil Terbakar di Subang

Yesus menghendaki supaya mereka berbalik arah, selaras kembali dengan kehendak Allah. Jika tidak, kehancuran sudah berada diujung tanduk. Tinggal sesaat saja mereka akan mengalami kehancuran.

Ini juga menjadi peringatan bagi kita,  menjadi kecaman bagi diri kita masing-masing. Bisa jadi kita merasa tenang-tenang saja karena sudah mendapat sakramen baptis.

Kita merasa pasti akan aman saja. Semua sudah ada jaminannya, tanpa ada usaha apapun. Kita berada di zona nyaman karena hanya puas dengan diri sendiri.

Tidak mudah menerima kecaman, kritikan, dan saran. Lebih nyaman melakukan kehendak sendiri, sesuai kemauan dan selera pribadi.

Apabila ada orang lain yang memberi masukkan, lebih sering kita menolaknya, bahkan membalasnya dengan mengungkapkan kekurangan orang lain itu. Jika menerima pun, tidak mudah juga menerima dengan tulus iklas.

Hidup baik dan benarpun selalu ada kritikan, apalagi hidup yang sembarangan. Semoga kita tidak alergi terhadap masukan dari orang lain.

Lebih-lebih, kita tidak alergi juga untuk member masukkan kepada orang lain. Resikonya ditolak, tetapi tidak menjadi masalah. Belajar menerima penolakan adalah cara juga untuk setia menjadi murid Kristus.

Doa Renungan Harian Katolik Hari Ini

YA Allah Bapa Mahakuasa, ajarilah kami mengenal tanda-tanda bahwa Engkau menyampaikan sabda-Mu kepada kami. Semoga hati kami selalu terbuka untuk menerima Roh Kudus, yang menjadi napas kehidupan kami.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Renungan Harian Katolik 12 Juli 2022.***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x