Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022: Kemurnian Perkawinan

- 10 Juni 2022, 04:44 WIB
Ilustrasi. Renungan Harian  Katolik
Ilustrasi. Renungan Harian Katolik /PEXELS/RODNAEproduction


BERITA SUBANG - Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022 lengkap Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil dan doa.

Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022 Bacaan Pertama terambil dari 1Raj 19:9a 11-16

Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022 Mazmur Tanggapan terambil dari Mzm 27:7-8.8b - 9abc.13-14

Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022 Bacaan Injil terambil dari Mat 5:27-32

Berikut Renungan Harian Katolik 10 Juni 2022 yang dilansir dari Renungan Harian Katolik:

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 9 Juni 2022: Kualitas Hidup

Bagi Yesus, zinah adalah dosa karena memperlakukan pasangan hidup secara tidak adil dan menodai kemurnian perkawinan. Segala tindakan yang berujung pada perzinahan termasuk menceraikan pasangan hidupnya dipandang sama berdosanya dengan zinah.

Mayarakat Yahudi Kuno menjatuhkan hukuman sangat berat kepada para pezinah yaitu dengan menuangkan cairan besi panas ke dalam mulut mereka hingga meninggal dunia.

Yesus menjunjung tinggi institusi perkawinan, yang oleh pembabtisan dalam nama Trinitas, diangkat ke martabat sakramen. Sifat perkawinan kristiani adalah monogram (unitas) dan tak terceraikan (indissolubilitas).

Setiap perkawinan yang telah dilangsungkan secara sah menurut hukum, memiliki akibat tetap dan tidak bisa diceraikan oleh kuasa apapun.

Baca Juga: Eril Ditemukan, Ini Kronologi Penemuan Putra Ridwan Kamil di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss

Bagi umat Kristiani, perkawinan adalah hal yang luhur. Bukan saja karena dikehendaki Allah demi kebahagiaan manusia, tapi juga karena kesatuan suami-istri melambangkan kesatuan Kristus dengan Gereja.

Suami istri harus saling merendahkan hatis, saling mengasihi dan bersatu seperti Kristus bersatu dan mengasihi Gereja-Nya.

Doa Renungan Harian Katolik Hari Ini

Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Santo Antonius, pengkhotbah yang ulung itu, Kau jadikan penolong dalam keperluan umat-Mu. Semoga berkat doa dan bantuannya dihadapanMu, kami Kau topang dalam segala perjuangan guna menjalankan ajaran hidup Kristiani.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin.***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x