Nuzulul Quran, Perbanyak Amalan di 17 Ramadan

- 19 April 2022, 20:54 WIB
Ilustrasi. Malam Nuzulul Quran
Ilustrasi. Malam Nuzulul Quran /pexels @David Selbert


BERITA SUBANG - Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Alquran yang jatuh pada tanggal 17 Ramadan. Keistimewaan Nuzulul Quran adalah pada hari itu untuk memperingati turunnya salah satu mukzijat Allah SWT yakni Alquran. Ada baiknya untuk memperingati Nuzulul Quran diisi dengan amalan amalan yang dianjurkan.

Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan, dan pada kalender masehi, Nuzulul Quran tahun ini jatuh pada 19 April 2022.

Terdapat amalan-amalan yang dianjurkan untuk memperingati Nuzulul Quran dimana keutamaan mengingat Nuzulul Quran adalah untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, mengharapkan ampunan atas segala dosa dosa yang telah kita perbuat, dan berharap mendapatkan pahala berlipat-lipat.

Baca Juga: Dana Bos Madrasah 2022 Sudah Cair, Begini Cara Pencairannya

Baca Juga: Asiikk.. Senin 18 April 2022, THR Bagi PNS, TNI, Polri Mulai Cair

Menurut sebagian para ulama amalan utama Nuzulul Quran adalah membaca Alquran, memperbanyak baca Alquran, sehingga mendapatkan  pahala dan kemuliaan yang berlimpah.

Amalan berikutnya melakukan Itikaf, yaitu berdiam diri di masjid, sesuai ketentuan Itikaf seraya membaca Alquran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam, seperti shalat sunat Tahajud, shalat hajat, dll.

Selanjutnya adalah amalan memperbanyak sholat malam dan memperbanyak doa sesuai hajat adalah juga bagian dari amalan pada malam Nuzulul Quran.

Peristiwa Nuzulul Quran juga identik dengan malam lailatul qadar, dimana malam yang paling ditunggu-tunggu umat Islam karena ada keberkahan dahsyat menantinya.

Sebab, amal kebajikan yang dikerjakan semalam berbanding dengan seribu bulan, bahkan sebagian ulama berpandangan malam Nuzulul Quran itulah malam laitul qadar atau malam lailatul qadar itulah Alquran diturunkan pertama kali sehingga disebut malam lalilatul Qadar amalan kemulian melampui seribu bulan lamanya bagi suatu amal kebaikan.

Allah berfirman :

“Sesungguhnya Kami menurunkan Alqur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar” [Al-Qadar/97 : 1-5].***

 

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x