Amalan Sunnah dan Keutamaan Bulan Muharram, Berikut Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1443 H

- 9 Agustus 2021, 18:44 WIB
/twibbonize.com/Lutfi-Edukasi Grafis/

BERITA SUBANG - Berikut amalan Sunnah dan keutamaan bulan Muharram, beserta bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam 1443 H untuk para umat Islam.

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H bertepatan dengan hari Selasa, 10 Agustus 2021.

Perayaan Tahun Baru Islam adalah untuk menandai perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW, yang kemudian digunakan sebagai penanda kalender Hijriah yang digunakan umat Islam.

Di bulan Muharram sendiri, ada keutamaan dan amalan sunnah yang bila dikerjakan umat Islam akan diganjar pahala yang besar. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa.

Keutamaan bulan Muharram

Artikel ini mengulas bacaan doa akhir dan awal Tahun Baru Islam 2021 atau 1 Muharram 1443 Hijriah.

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan dan bila menjalankan amalan sunnah akan mendapatkan pahala yang besar. Salah satu amalan sunnah yang dikerjakan adalah puasa Asyura.

Dijelaskan dari hadits Abu Hurairah yang berbunyi "Seseorang datang kepada Rasulullah SAW, ia bertanya, setelah ramadhan puasa dibulan apa yang lebih afdhal..? Nabi menjawab: "Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram", (HR. Ibnu Majjah).

Adapun keutamaan puasa 10 Muharram adalah penghapusan dosa setahun yang lalu.

Umat Islam, selama bulan Muharram juga dianjurkan untuk melakukan muhasabah atau introkspeksi diri, selain juga memperbanyak amal sholeh sebagai persiapan menghadapi kematian, salah satunya yang sangat dianjurkan adalah dengan menyantuni anak yatim piatu.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x