Dua Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Malam 17 Ramadhan, Perbanyak Doa & Membaca Sholawat Badar

- 28 April 2021, 23:58 WIB
Ilustrasi 2 Peristiwa Penting Di Bulan Ramadhan/foto telegram @ilmitareem
Ilustrasi 2 Peristiwa Penting Di Bulan Ramadhan/foto telegram @ilmitareem /

BERITA SUBANG - Malam 17 Ramadhan merupakan malam Nuzulul Qur'an dan Haul Ahlul Badr. Malam dimana اAllah swt kabulkan permintaan Rasulullah saw.

Peristiwa Pertama adalah Nuzulul Qur'an adalah malam turunnya al-qur'an. Awalnya Allah menurunkan Al-Qur'an dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia, dan kemudian diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril AS.

Tepatnya ketika beliau berusia 40 tahun. Nabi Muhammad SAW lebih sering ber-Uzlah dibanding sebelumnya untuk bertahannuts/beribadah.

Baca Juga: Turunya Al-Quran dan Semua Kitab-Kitab Allah Ternyata Turun Di Bulan Ramadhan

Pada bulan Romadhon ia membawa bekal lebih banyak untuk bertahannuts. Dan malam 17 Romadhon tahun ke-41 dari ‘Aamul fiel (16 agustus 610 M) di gua Hiro ia didatangi oleh malaikat Jibril AS yang membawa selembar surat, kemudian memerintahkan Nabi SAW untuk membacanya.

Malaikat Jibril berkata Iqro : bacalah dengan terperanjat beliau Nabu SAW menjawab : aku tidak dapat membaca, kemudian malaikat Jibril memeluk Nabi SAW sampai beliau terasa sesak nafas, lalu dilepas kembali dan mengulangi perintahnya.

Tetapi Nabi SAW tetap menjawab : aku tidak bisa membaca. Demikian sampai 3 kali, barulah malaikat Jibril AS menuntunnya : Bacalah dengan nama Tuhanmu yang maha pencipta. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu sangat Mulia. Yang mengajarkan dengan pena. Mengajarkan manusia yang tidak diketahuinya.” ( Al-Alaq : 1-5).

Baca Juga: Mengenal, Mendengar dan Cara Mencintai Waliyullah

Peristiwa Kedua yaitu Perang Badar Qubro atau yang dikelan dengan Badar Kedua.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x