Mengenal, Mendengar dan Cara Mencintai Waliyullah

- 26 April 2021, 23:32 WIB
Ilustrasi Waliyullah/ Makam Imam Ghozali/ Foto : Instagram @berkahrasul
Ilustrasi Waliyullah/ Makam Imam Ghozali/ Foto : Instagram @berkahrasul /

BERITA SUBANG - Siapa Waliyullah (Wali Allah)? Secara arti bahasa, Wali adalah pihak yang dekat, mencintai, dan siap menolong. Wali Allah adalah kekasih Allah atau orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Mengapa kita harus mencintai para Wali Allah ? Jawabannya sederhana, mereka adalah orang-orang yang dicintai Allah Ta'ala, maka wajib hukumnya mencintai Wali Allah agar kita semakin dekat kepada Allah Ta'ala.

Mencintai Wali-wali Allah merupakan simpul keimanan. Bahkan lebih dari itu, siapa yang mencintai Wali Allah , maka ia mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Sebaliknya, siapa yang memusuhi para Wali Allah niscaya akan sengsara dunia dan akhirat.

Allah Ta'ala menyifati mereka di dalam Al-Quran  :

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ. الَّذِينَ آَمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

"Ketahuilah, sesungguhnya Wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih. Mereka itu adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa". (QS Yunus ayat 62-63

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allah berfirman: Barangsiapa yang memusuhi Wali (kekasih)-Ku maka sungguh Aku telah mengumumkan peperangan kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan suatu (amal shaleh) yang lebih Aku cintai dari pada amal-amal yang Aku wajibkan kepadanya (dalam Islam), dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amal-amal tambahan (yang dianjurkan dalam Islam) sehingga Aku-pun mencintainya.

Hadis ini menunjukkan besarnya keutamaan orang yang menjadi Wali Allah.

Imam Al-Ghazali pernah berkata: Jika engkau menginginkan selamat di dunia dan akhirat, jadikan dirimu berada di dalam hati para Wali Allah.⁣

Berkata Abah Guru Sekumpul, barang siapa yang membaca dan mendengar riwayat hidup seorang Waliyullah.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah