Umat Katolik Mulai Memasuki Pekan Suci, Ini Maknanya

- 10 April 2022, 23:15 WIB
Suasana misa perayaan Minggu Palma di Gereja St Petrus dan Paulus Babadan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman pada hari Minggu sore pukul 18.00 WIB.
Suasana misa perayaan Minggu Palma di Gereja St Petrus dan Paulus Babadan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman pada hari Minggu sore pukul 18.00 WIB. /Kabar Joglosemar/Philipus Jehamun

BERITA SUBANG - Umat Katolik di seluruh dunia hari ini mulai memasuki Pekan Suci yang dimulai dengan ibadah Minggu Palma, Minggu 10 April 2022.

Ibadah Minggu Palma memperingati peristiwa Yesus Kristus saat masuk ke Yerusalem dengan menaiki keledai yang disambut dengan sorak-sorai bagaikan raja.

Pada Kitab Injil Yohanes mengisahkan umat Israel menyambut Yesus sambil berseru Hosanna sambil melambai-lambaikan daun palma, yang bermakna tanda pujian dan kemuliaan, kemenangan serta damai.

Daun palma memiliki warna hijau, warna dari tumbuh-tumbuhan dan musim semi. Biasanya, umat dan pastor pada saat Minggu Palma melakukan perarakan dari suatu tempat di luar gereja menujuu gereja dengan nyanyian dan doa.

Baca Juga: Wiranto Turun Gunung Jadi Pertanda Tensi Politik Ekonomi Tinggi

Dalam ibadah Minggu Palma, daun palma yang dibawa oleh umat, diperciki air suci oleh Pastur yang memimpin misa. Pada misa Minggu Palma menjadi permulaan rentetan kisah sengsara hingga wafatnya Juruselamat di kayu salib hingga bangkit kembali.

Perayaan Pekan Suci dimulai dengan Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah.

Kamis Putih akan diperingati 14 April 2022 ini. Kamis Putih merupakan kenangan akan perjamuan malam terakhir, yang diadakan oleh Tuhan Yesus bersama para muridNya. Dalam misa Kamis Putih, biasanya Pastur akan mencuci kaki umat yang telah ditunjuk sebagai perwakilan.

Hal itu dilakukan untuk mengenang saat Yesus menanggalkan jubahNya dan mencuci kaki semua muridNya. Jubah adalah lambang kemuliaan dan kehormatan, namun Yesus melepaskan semua itu dan melayani Muridnya dengan tulus dan rendah hati.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah