Silaturahmi Idul Fitri 2021, Ini 5 Tips Bermaaf-maafan dan Berlebaran yang Aman di Masa Pandemi Covid-19

- 13 Mei 2021, 06:10 WIB
Ilustrasi silaturahim. Wali Kota Bandung Oded M Danial saat menghadiri Silaturahim Ulama Umaro Kota Bandung.
Ilustrasi silaturahim. Wali Kota Bandung Oded M Danial saat menghadiri Silaturahim Ulama Umaro Kota Bandung. /Humas Setda Kota Bandung/



BERITA SUBANG - Kementrian Agama telah menganjurkan agar silaturahmi, atau silaturahim, yang biasa kita kenal sebagai 'berlebaran' dalam rangka Idul Fitri hanya dilakukan bersama keluarga terdekat.

Kemenag menganjurkan tidak menggelar kegiatan Open House atau Halal Bihalai di lingkungan kantor, maupun komunitas.

Diberitakan sebelumnya, bahkan untuk pelaksanaan sholat Eid pun, pemerintah mengeluarkan aturannya agar memastikan keamanan kesehatan bagi semua umat Islam.

Baca Juga: Idul Fitri 2021, Niat, Bacaan Sholat Eid Bahasa Arab dan Artinya, Beserta Prokes Sholat Eid oleh Pemerintah

Bahkan, jika terjadi perkembangan ekstrim penularan Covid-19, misalnya jika terdapat peningkatan yang signifikan angka positif Covid-19 atau adanya mutasi varian baru virus corona di suatu daerah, maka pelaksanaan Surat Edaran dari Kementrian Agama, akan disesuaikan dengan kondisi setempat.

Kegiatan silaturahmi identik dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan menyambangi kediaman sanak saudara secara bergilir.

Dilansir dari PMJ News, berikut lima tips yang dapat diterapkan jika Anda hendak bersilaturahim kepada orang terdekat, atau ketika menerima tamu.

Baca Juga: Gratis 14 Link Bingkai Foto dan Twibbon Ucapan Idul Fitri 1442 H dan Lebaran 2021

1. Pastikan Anda dan Anggota Keluarga Sehat

Jika Anda atau ada anggota keluarga yang memiliki penyakit bawaan (disebut: komorbid), sebaiknya pertimbangkan untuk tidak membiarkan orang lain masuk ke rumah guna menghindari risiko kontak yang tidak disengaja yang berpotensi menularkan Covid-19.

2. Siapkan Sarana Cuci Tangan, baik Sabun dan Keran atau Hand Sanitizer

Sebaiknya sediakan sarana mencuci tangan di depan halaman rumah agar tamu yang punya kemungkinan membawa virus dapat dicegah. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah