Presiden Ghani Kabur dari Afghanistan Begitu Taliban Kepung Kota Kabul

- 17 Agustus 2021, 17:11 WIB
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani /Instagram/@ashrafghani.af/

BERITA SUBANG - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah meninggalkan Kota Kabul, setelah Kelompok bersenjata Taliban menguasai kota itu sejak Minggu, 15 Agustus 2021.

Mengutip dari Antara yang disadur dari Ruters, bahwa pejabat tinggi Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengakui kalau Presiden Ghani telah pergi ke Tajikistan.

Namun saat dikonfirmasi ke kantor kepresidenan negara tersebut, belum mau berkomentar, dengan alasan keamanan.

"Tidak bisa mengatakan apa pun menyangkut pergerakan Ashraf Ghani atas alasan keamanan,"ucap pejabat itu, seperti dikutip Antara, Selasa, 17 Agustus 2021.

Baca Juga: JK Pastikan Taliban Tak Akan Usik Kedubes RI di Kabul, Afghanistan

Terpisah pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri membenarkan bahwa Presiden Ghani sudah meninggalkan Afghanistan, namun dirinya tak mengetahui pasti kemana perginya Presiden tersebut.

Sedangkan Kepala lembaga perdamaian Afghanistan Abdullah Abdullah tidak lagi menganggap Ghani sebagai Presiden Afghanistan. Pada videonya Abdullah, bahwa Ghani adalah mantan Presiden.

Setelah kelompok bersenjata Taliban memasuki kota Kabul, Abdullah mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan Ghani atas situasi yang berlangsung saat ini di Afghanistan.

Perwakilan Taliban, sementara itu mengatakan kelompok tersebut sedang memeriksa keberadaan Presiden Ghani.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x