Goethe-Institut Hibur Warga +62 Tayangkan 10 Film Karya 6 Sutradara Era Sinema Baru Jerman

- 13 Agustus 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Arthouse Cinema, Goethe-Institut Indonesien
Ilustrasi Arthouse Cinema, Goethe-Institut Indonesien /Foto: Goethe-Institut/

BERITA SUBANG - Arthouse Cinema 2021 menayangkan sepuluh film Jerman karya enam sutradara generasi Sinema Baru Jerman (New German Cinema). Semua film dilengkapi teks terjemahan bahasa Indonesia dan dapat ditonton secara daring oleh penggemar film di Indonesia lewat platform baru Goethe Institut: Goethe-On-Demand.

Sinema Baru Jerman adalah satu gerakan sekaligus semangat untuk menyegarkan cara bercerita pada tahun 1960an-1980an. Gerakan ini berangkat dari ketidakpuasan sekelompok sutradara muda atas arah perkembangan aspek artistik dan sosial politik perfilman Jerman pada periode itu. Film-film keenam sutradara era Sinema Baru Jerman ini dapat ditonton gratis sampai 31 Desember 2021 dengan mendaftarkan diri lewat tautan ini: arthouse-cinema.goethe-on-demand.de.

Setelah terdaftar, pengguna bisa memilih film pada platform untuk ditonton dalam kurun waktu 48 jam.

Baca Juga: Sound of X oleh Goethe-Institut : Menghidupkan Memori Bebunyian Kenyamanan di Jakarta

Sejak tahun 2012, Goethe-Institut Indonesien memutar beragam film cerita dan dokumenter dari Jerman dan Indonesia dalam rangka program Arthouse Cinema, yang rutin berlangsung di GoetheHaus Jakarta.

“Akibat situasi pandemi saat ini, kami mengalihkan Arthouse Cinema ke video on demand. Kami berharap lebih banyak penggemar film di luar Jakarta akan dapat mengakses film Jerman melalui platform ini,” kata Dr. Ingo Schöningh, Kepala Bagian Program Budaya Goethe-Institut Indonesien dalam keterangannya kepada beritasubang.pikiran-rakyat.com, Jakarta, Jumat, 13 Agustus 2021.

Kata dia, program tahun ini menyajikan film-film cerita yang diseleksi oleh kurator tamu untuk Arthouse Cinema 2020-2021 Anggraeni Widhiasih merupakan kurator, penulis, seniman, dan anggota aktif Forum Lenteng.

Baca Juga: Sudah Dibuka, Pendaftaran untuk Dana Bantuan Internasional dari Goethe-Institut untuk Indonesia

Film-film yang diseleksi untuk program ini merupakan karya para pembuat film yang turut memelopori kelahiran Gerakan Sinema Baru Jerman pada periode setelah tahun 1960an sampai dekade sebelum reunifikasi Jerman.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah