Serial Konser Eksperimental Kontemporer Alur Bunyi Goethe-Institut Hadir Kembali Mulai April-November 2021

- 12 April 2021, 14:31 WIB
Alur Bunyi Nikita Dompas & Randy MP - Goethe-Institut Indonesien
Alur Bunyi Nikita Dompas & Randy MP - Goethe-Institut Indonesien /Dok. Goethe Institute/SANCOYO_PURNOMO/

BERITA SUBANG - Serial konser eksperimental kontemporer Alur Bunyi yang digarap Goethe-Institut Indonesien sejak 2017 kembali hadir di tahun 2021 dengan eksperimen dan kurator baru.

Musik jazz dan elektronik menjadi instrumen utama yang menjadi lambar kolaborasi musik yang akan dieksplorasi dan dipresentasikan dalam Alur Bunyi tahun ini.

Di bawah arahan kuratorial komposer Jazz Azfansadra Karim (Adra Karim), sebanyak lima edisi Alur Bunyi yang tersebar sepanjang April-November 2021 akan ditayangkan secara daring sehingga dapat menjangkau penikmat musik di seluruh Indonesia.

"Alur Bunyi tahun ini membuka ruang untuk pelaku seni di bidang musik elektronik dan musik jazz, mengingat perkembangan dan kualitas keduanya yang meningkat pesat," kata Adra, dalam keterangan tertulis Gothe-Institut Senin 12 April 2021.

Dua haluan musik yang terkadang berbeda dalam konsep dan cara berpikir ini disinggungkan dalam membentuk karya, sehingga akan menjadi sangat menarik untuk disimak. Alur Bunyi tahun ini akan bereksperimen dengan hibriditas budaya sebagai gagasan utama,”

Baca Juga: Caroline Brendel Jabat Direktur Goethe-Institut Bandung Dalam Penggembangan Kerjasama Internasional Digital

Musik jazz, elektronik, dan latah

Edisi perdana Alur Bunyi 2021 yang terlebih dahulu sudah direkam ini akan ditayangkan di kanal YouTube Goethe-Institut Indonesien, Rabu 14 April 2021, pukul 20.00 WIB dan menampilkan kolaborasi artistik berjudul “Siape sih, siape, ehh siape” oleh dua musisi: Nikita Dompas dan Randy MP.

Kolaborasi artistik ini akan menyingkap fenomena perilaku latah—reaksi terkejut berbentuk pengulangan kata dan gerakan orang lain secara spontan dan tidak terkendali—yang dianggap sebagai suatu keunikan di dalam budaya Indonesia.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah