Ekonomi Global Membaik, Eddy Abdurrachman Perkirakan Kenaikan Harga CPO Berlanjut Tahun Depan

- 2 Desember 2021, 13:55 WIB
Eddy Abdurrachman Direktur Utama BPDPKS
Eddy Abdurrachman Direktur Utama BPDPKS /

 

BERITA SUBANG - Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Eddy Abdurrachman memperkirakan, rally kenailan harga Crude Palm Oil (CPO) diperkirakan masih berlanjut di tahun 2022 seiring membaiknya pertumbuhan ekonomi global.

Optimisme itu mengacu pada outlook ekonomi Indonesia tahun 2022 yang dipublikasikan oleh institusi internasional seperti Bank Dunia dan IMP.

“Sebagian besar institusi internasional memperkirakan perbaikan dengan pendekatan aktivitas ekonomi, konsumsi dan investasi mencatat pertumbuhan dalam kisaran antara 4,8 persen sampai 5,9 persen tahun depan,” kata  Eddy Abdurrachman dalam 17th Indonesian Palm Oil Conference and 2022 Price Outlook di Jakarta, Rabu 2021.

Baca Juga: Airlangga Hartarto : Sawit Punya Peran Besar Bantu Ekonomi Masyarakat Ditengah Pandemi

Hal itu, kata Eddy Abdurrachman tidak terlepas keberhasilan program mitigasi penyebaran covid-19 serta pelaksanaan vaksin yang merupakan salah satu faktor utama pendorong pemulihan ekonomi 2021 hingga 2022.

Berdasarkan data statistik pusat pertumbuhan di Indonesia dari sisi makro ekonomi, pertumbuhan ekonomi pada triwulan ke III tahun 2021 juga mencatat pertumbuhan positif sebesar 3,51 persen.

Hal itu, kata Eddy Abdurrachman tidak terlepas dari keberadaan sawit sebagai primadona pertumbuhan ekonomi.

Sebagai catatan, tanaman perkebunan mampu bertumbuh 8,34 persen yang didorong oleh peningkatan produksi perkebunan dan peningkatan ekspor ke luar negeri.

Eddy Abdurrachman memperkirakan, tahun depan sawit masih menjadi variabel yang sangat penting terhadap roda perekonomian karena melibatkan lebih dari 16 juta  tenaga kerja.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x