Airlangga Hartarto : Sawit Punya Peran Besar Bantu Ekonomi Masyarakat Ditengah Pandemi

- 2 Desember 2021, 13:41 WIB
Menko Airlangga er 2021.
Menko Airlangga er 2021. /

 

BERITA SUBANG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, para pemangku kepentingan di sektor kelapa sawit punya peran besar dalam membantu perekonomian masyarakat.

Selama pandemi covid-19, industri kelapa sawit mampu berkontribusi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat dan negara sehingga perekonomian Indonesia hingga kini masih menunjukkan perkembangan positif.

Selain menghasilkan devisa yang signifikan,  Industri kelapa sawit tetap berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga: Joko Supriyono : Energi Terbarukan Berbasis Sawit Bakal Jadi Pridamona Global

“Bahkan, sektor ini mampu mempertahankan 16,2 juta tenaga kerja yang  tergantung didalamnya ditengah pandemi yang telah berlangsung selama hampir dua tahun,” kata Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam pembukaan dalam 17th Indonesian Palm Oil Conference and 2022 Price Outlook, Rabu 1 Desember 2021.

Menurut Menko, pemerintahan Jokowi memiliki visi agar industri sawit Indonesia dapat menjadi produsen sawit terkemuka dengan mendorong hilirisasi atau pengembangan produk turunannya.

Dengan luasan lahan 10% dari total lahan global untuk minyak nabati, Airlangga memperkirakan Indonesia mampu menjadi negara produsen kelapa sawit terbesar dan menguasai sebagian pangsa pasar minyak sawit dunia.

Dibandingkan dengan minyak nabati lain seperti biji bunga matahari, sawit lebih kompetitif. Selain luasannya lahannya tidak sebesar perkebunan biji bunga Matahari, produktivitas yang dihasilkan perkebunan sawit di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan minyak nabati lainnya.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Apresiasi Pelaku Usaha Sawit Bantu Gerakan Vaksinasi Massal Covid-19

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x