Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Jadi Usaha Menguntungkan Tapi Ramah Lingkungan, Cek Disini

- 8 Januari 2021, 01:42 WIB
Ikan bandeng
Ikan bandeng /Foto: Instagram @ikan_bandeng_/

BERITA SUBANG - Begini cara budidaya ikan bandeng yang ramah lingkungan agar jadi usaha menguntungkan buat kamu. Jika kamu adalah penikmat ikan bandeng, dan ingin sekalian usaha budidaya ikan lezat ini, cek disini caranya.

Biasa di-presto, dibuat jadi asem-asem, dikasih bumbu kuning, ikan yang biasanya hidup di air payau ini selain lezat ternyata terus bergizi. Di masa pandemi Covid-19 ini, permintaan bandeng terus meningkat.

Hal ini menjadikan budidaya ikan bandeng sebagai ladang usaha yang menguntungkan.

Mengutip dokumen dari WWF Indonesia berjudul 'Better Management Practices: Seri Panduan Perikanan Skala Kecil, Budidaya Bandeng (Chanos chanos) Pada Tambak Ramah Lingkungan', ternyata budidaya ikan bandeng sudah ada sejak abad ke-12, terutama di Pulau Jawa.

"Sampai saat ini praktek-praktek budidaya ikan bandeng masih banyak yang menerapkan sistem tradisional dan polikultur dengan komoditas budidaya lainnya, seperti gracilaria dan udang windu," kata dokumen WWF Indonesia tersebut. 

Panduan praktis ini menarik untuk dibaca karena disebut telah melalui beberapa proses yaitu studi pustaka, pengumpulan data lapangan, internal review tim perikanan WWF Indonesia serta Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah ahli budidaya ikan bandeng sebagai bagian dari external expert reviewer.

Link untuk dokumen pdf-nya akan disediakan pada akhir bagian artikel ini.

Prospek dan tantangan

 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: WWF Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah