Warga Desa Netemnanu Utara, Kupang Kini Dapat Nikmati 4G, Sebelumnya? Numpang Operator Timor Leste

- 16 November 2020, 06:47 WIB
Uji coba sinyal 4G LTE Telkomsel di daerah perbatasan dekat Timor Leste.
Uji coba sinyal 4G LTE Telkomsel di daerah perbatasan dekat Timor Leste. /Foto: Telkomsel/

BERITA SUBANG - Berawal dari laporan masyarakat setempat akan minimnya akses broadband di desa Netemnahu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, operator plat merah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), akhirnya tergerak untuk menghadirkan layanan internet berbasis 4G LTE di daerah tersebut.

Menurut pernyataan resmi Telkomsel Sabtu, 14 November 2020, masyarakat didesa tersebut sebelumnya hanya bisa mengakses internet lewat jaringan Telemor, operator dari Timor Leste.

"Telkomsel memutuskan untuk mengoperasikan BTS 4G LTE setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi geografis dan infrastruktur yang menantang di kawasan tersebut. Oepoli sendiri merupakan daerah berpenduduk 2.000 jiwa," kata Telkomsel.

Ternyata butuh waktu sekitar 9 jam untuk sampai di sana melalui jalur darat dari Kota Kupang.

Baca Juga: Ini Jalan Berliku RCEP Sebelum Jadi Perjanjian Perdagangan Terbesar di Dunia Di Luar WTO

"Upaya ini menjadi bagian dari komitmen Telkomsel untuk terus bergerak maju mendorong pemerataan akses broadband terdepan yang mampu mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat, termasuk di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) serta wilayah perbatasan negara."

VP Network Operation and Quality Management Area Jawa Bali Telkomsel Samuel Pasaribu mengatakan "Telkomsel memaknai beroperasinya BTS 4G di Oepoli tidak sekadar untuk menghubungkan masyarakat yang berada di sana."

"Namun juga demi memberikan manfaat bagi peningkatan potensi perekonomian desa, membantu kelancaran proses belajar secara daring, hingga mendukung petugas di daerah perbatasan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.”

Baca Juga: Jabar Catat Kesembuhan Pasien Covid-19 Harian Tertinggi

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x