Beberapa Model Smartphone Unggulan Samsung Terkena Larangan dari Geekbench Karena Manipulasi Benchmark

- 7 Maret 2022, 18:11 WIB
Terbukti melakukan manipulasi benchmark, seluruh model Galaxy S10, Galaxy S20, Galaxy 21, dan Galaxy 22 dari Samsung terkena larangan dari platform Geekbench.
Terbukti melakukan manipulasi benchmark, seluruh model Galaxy S10, Galaxy S20, Galaxy 21, dan Galaxy 22 dari Samsung terkena larangan dari platform Geekbench. /Dok. Geekbench | Samsung/

BERITA SUBANG - Samsung telah menjadi sorotan sepanjang pekan lalu karena dilaporkan terbukti membatasi kinerja ribuan aplikasi menggunakan Game Optimizing Service (GOS) atau layanan pengoptimalan game milik mereka.

Setelah perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka memang menggunakan aplikasi GOS untuk mengoptimalkan kinerja dari CPU dan GPU pada smartphone, Geekbench dalam Berita Gadget Terkini telah menghapus empat generasi terakhir smartphone unggulan Samsung dari platform benchmark tersebut.

Geekbench menyatakan hal tersebut melalui cuitan mereka di Twitter. "Awal minggu ini, kami diberi tahu tentang Game Optimizing Service (GOS) Samsung dan bagaimana hal itu menghambat kinerja game dan aplikasi. GOS memutuskan untuk mencekik (atau tidak mencekik) aplikasi menggunakan pengenal aplikasi dan bukan perilaku aplikasi," tulis Geekbench

Hal ini dilihat sebagai bentuk manipulasi benchmark karena aplikasi benchmark utama, termasuk Geekbench, dinyatakan tidak dibatasi oleh layanan ini.

Platform tersebut menemukan bahwa semua model Galaxy S10, Galaxy S20, Galaxy S21, dan Galaxy S22 dari Samsung seluruh menggunakan GOS. Lebih lanjut dinyatakan bahwa mereka telah menghapus semua smartphone dari grafik Android Benchmark di browsernya.

Menurut kebijakan Geekbench saat ini, setelah perangkat dihapus dari platform, perangkat itu akan dihapus secara permanen. Jadi meskipun Samsung akan mengeluarkan pembaruan yang memungkinkan pengguna mengontrol kinerja, semua smartphone yang telah disebutkan akan tetap dihapus dari Geekbench.

Geekbench sebelumnya menghapus OnePlus 9 dan 9 Pro karena terbukti mengutak-atik kinerja CPU dan GPU. Beberapa aplikasi sengaja tidak diizinkan untuk mengakses inti Cortex X1 di smartphone untuk menghemat daya. Geekbench melihat ini sebagai manipulasi benchmark dan memutuskan untuk menghapus perangkat ini dari browsernya.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Geekbench


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x