Virus Joker Adalah Virus yang Menyerang Perangkat Android, Bisa Kosongkan Rekening Bank, Bobol Tagihan Ponsel

- 29 Agustus 2021, 05:17 WIB
Ilustrasi coding virus dan malware
Ilustrasi coding virus dan malware /Pexels

BERITA SUBANG - Virus Joker adalah virus berbahaya yang menyerang perangkat Android, mampu mengosongkan rekening bank Anda, hingga membobol tagihan ponsel.

Diberitakan sebelumnya, ada 8 aplikasi berbahaya yang disarankan untuk segera didelete dari Android karena telah disusupi Virus Joker.

Seperti dilansir dari portal berbahasa Inggris Entrepreneur dalam artikel yang dipublikasikan 23 Agustus 2021 lalu, dijelaskan bahwa Virus Joker mampu mencuri uang pengguna ponsel dan tanpa seizin pengguna dapat berlangganan ke layanan premium tanpa seizin mereka.

Virus Joker, yang sebenarnya mulai terkenal sejak 2017, kini kembali menjadi sorotan setelah pihak Kepolisian Belgia merilis pernyataan resmi terkait beberapa aplikasi yang diyakini disusupi Virus Joker.

Virus berbahaya ini memang mampu bersembunyi di berbagai aplikasi di Google Play Store.

Baca Juga: Ada 8 Aplikasi Android Disusupi Virus Joker yang Bisa Kuras Uangmu, Segera Delete, Free CamScanner Termasuk

Sejak mulai ramai dikenal 2017 lalu, sistem pertahanan Google Play Store memang telah menghapus sekitar 1.700 aplikasi yang dideteksi disusupi Virus Joker. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersusupi malware berbahaya tersebut tidak didownload pengguna.

Media massa internasional banyak yang melaporkan pada September 2020, bahwa Virus Joker telah dideteksi di 24 aplikasi Android dan tercatat telah lebih dari 500 ribu unduhan pernah dilakukan user atau pengguna sebelum dihapus Google.

Virus Joker, kala itu, telah menyebar di lebih dari 30 negara termasuk Amerika Serikat, Spanyol, dan Brasil.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah