Android 12 akan Secara Otomatis Menghibernasi Aplikasi yang Tidak Digunakan untuk Mengosongkan Ruang

- 20 April 2021, 14:05 WIB
Android 12 akan memiliki fitur hibernas untuk aplikasi yang tidak digunakan
Android 12 akan memiliki fitur hibernas untuk aplikasi yang tidak digunakan /Dok. xda developer/

BERITA SUBANG - Meskipun Google tidak merilis kode sumber untuk versi Android baru sebelum rilis stabil untuk ponsel Pixel yang sudah siap, biasanya jarang terlihat sekilas beberapa fitur yang akan datang melalui perubahan kode yang dikirimkan ke AOSP Gerrit.

Salah satu fitur yang kami perkirakan akan hadir dalam rilis Android 12 mendatang adalah hibernasi aplikasi, fitur yang akan mengosongkan ruang penyimpanan dengan menghapus file sementara dari aplikasi yang tidak digunakan.

Baca Juga: Seri Honor 50 akan Datang pada Bulan Depan dengan Desain Kamera Cincin Ganda

Meskipun fitur ini belum muncul di salah satu dari dua Pratinjau Pengembang yang tersedia untuk umum, kami dapat mengonfirmasi kode untuk fitur tersebut ada dalam bocoran build yang baru-baru diperoleh.

Bocoran fitur Android 12
Bocoran fitur Android 12

Dengan dirilisnya Pratinjau Pengembang Android 11 yang ketiga, Google menambahkan fitur "izin pencabutan otomatis" baru yang mencabut izin aplikasi jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan.

Setelah rilis stabil Android 11, Google membagikan lebih banyak detail tentang fitur tersebut, termasuk tangkapan layar yang menunjukkan pemberitahuan yang memberi tahu pengguna ketika izin aplikasi telah dicabut dan tangkapan layar yang menunjukkan halaman Pengaturan "aplikasi yang tidak digunakan" dengan daftar aplikasi yang izinnya secara otomatis dicabut.

Baca Juga: MediaTek Akan Menjadi yang Pertama Untuk Merilis Chipset Berukuran 4nm dan Sudah Mendapat Pesanan dari OEM

Di Android 12, Google tampaknya memperluas konsep "aplikasi yang tidak digunakan" dengan fitur hibernasi aplikasi baru. Selain secara otomatis mencabut izin untuk aplikasi yang tidak digunakan, Android 12 juga akan menghapus file sementara untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah