Google Sedang Memperbaiki Widvine Bug yang Mengakibatkan Kualitas Buruk pada Smartphone Google Pixel

- 12 April 2021, 15:59 WIB
Google Pixel 5, ponsel teranyar miliki Google
Google Pixel 5, ponsel teranyar miliki Google /Dok. Instagram @google/

BERITA SUBANG - Terdapat laporan dari beberapa pemiliki ponsel Google Pixel bahwa beberapa pembaruan terakhir mengakibatkan mereka kehilangan status L1 untuk widevine dan malah jatuh ke L3 dan membuat mereka tidak dapat memutar ulang beberapa konten yang dilindungi DRM dengan kualitas tinggi.

Sederhananya, itu berarti mereka tidak dapat memutar konten HD di aplikasi dan layanan seperti Netflix. Sejauh ini sebagian besar perangkat tidak terpengaruh dan penyebabnya tidak langsung jelas. Google memberi tahu bahwa pihaknya mengetahui laporan ini dan sedang mengerjakan perbaikan, dan perangkat dari pabrikan lain kemungkinan terpengaruh.

Masalah ini dapat dikatakan sangat aneh karena satu alasan yang sangat signifikan, yaitu terkadang saat smartphone kehilangan status Widevine L1 tidak dapat diperbaiki dengan cara yang sederhana.

Ketika OnePlus menawarkan untuk menambahkan sertifikasi Widevine L1 ke OnePlus 5 dan 5T, yang mengharuskan untuk untuk di-flash secara aman dengan fitur tersebut, dan ketika ROG Phone 3 kehilangan status L1-nya, perusahaan juga pada awalnya meminta pelanggan untuk mengirim unit untuk memperbaikinya - meskipun kemudian dapat mendorong pembaruan perangkat lunak yang mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: MIUI 12.5 Dikonfirmasi untuk Xiaomi 8 Series, Mi Mix 3, dan Mi Mix 2S

Untuk konteksnya, Widevine adalah solusi DRM yang dikembangkan oleh Google dan digunakan di Android untuk pemutaran konten yang aman.

L1 adalah tingkat sertifikasi tertinggi, dan secara eksplisit mengharuskan elemen aman di belakangnya untuk "dipasang di pabrik atau dikirim ke perangkat menggunakan mekanisme pengiriman aman yang disetujui". Metode L3 yang lebih rendah yang Pixel terpengaruh oleh masalah ini menjadi kurang aman - dan, pada kenyataannya, telah rusak.

Masalah ini juga merupakan masalah yang sulit dideteksi di luar pengurangan kualitas streaming, karena tidak ada peringatan besar yang terlihat jika dan ketika Anda kehilangan status Widevine L1. Namun, Anda dapat memeriksa sendiri apakah perangkat Anda terpengaruh dengan aplikasi Info DRM, yang melaporkan tingkat sertifikasi Widevine saat ini.

Baca Juga: Xiaomi Mi 11X Series akan Tiba di India pada Tanggal 23 April

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x