Bupati Subang Ingin Lindungi Petani dan Sawah, Terbitkan Perbup Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan

- 30 Juni 2023, 18:05 WIB
Bupati Subang teken Perbup Nomor 35 Tahun 2023 tentang Lahan Pertanian. Ilustrasi gambar: Dinas Pertanian Subang, BP Padi Sukamandi, dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat amati tanaman padi Tarabas di Subang, Jawa Barat.
Bupati Subang teken Perbup Nomor 35 Tahun 2023 tentang Lahan Pertanian. Ilustrasi gambar: Dinas Pertanian Subang, BP Padi Sukamandi, dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat amati tanaman padi Tarabas di Subang, Jawa Barat. /Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat

Fokus Bupati Subang Lindungi Petani Subang, Bentengi Lahan Pertanian dari Dampak Industrialisasi

BERITA SUBANG - Bupati Subang Ruhimat sosialisasikan perbup untuk lindungi eksistensi petani dengan lahan pertaniannya yang mencapai hampir 100 ribu hektare di seluruh wilayah Kabupaten Subang.

Belakangan Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu target daerah bagi para investor menempatkan investasinya pada bidang industri.

Hal itu terjadi seiring dengan adanya sejumlah pembangunan proyek satrategis nasional, baik yang telah rampung dibangun maupun sedang berjalan, seperti keberadaan Tol Trans Jawa (Tol Cipali Subang) Pelabuhan Patimban Subang dan Waduk Sadawarna Subang, serta Kota Segi Tiga Rebana, maupun dengan adanya Bandara Kertajadi di Majalengka.

Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Bupati Terkaya di Jawa Barat Ini Jalani Masa Kecilnya Menjadi Seorang Penggembala Kerbau

Sejatinya, Subang merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra lumbung padi tingkat Provinsi Jawa Barat hingga nasional.

Saat ini tercatat luas areal sawah di wilayah Subang mencapai total 89 ribu hektare.

Oleh karenanya, meski Subang siap menyambut era industrialisasi, Bupati Subang Ruhimat tidak menginginkan terjadinya alih fungsi pada areal pertanian.

"Subang kini tengah menuju era industri, jadi kita harus segera berbenah, sehingga bagaimana caranya efek dampak dari proyek nasional terhadap sektor pertanian dapat teratasi," kata Bupati Subang yang kerap disapa Kang Jimat itu.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x