Mengenal Sejarah Kabupaten Subang, Zaman Penyebaran Agama Hindu, Islam, Hindia Belanda hingga Saat Ini

- 28 Juni 2023, 15:39 WIB
/Google Map/Nurwida Swardana/

BERITA SUBANG - Kabupaten Subang, yang memiliki luas sekitar 2.051 kilometer persegi, tadinya merupakan bagian dari Kabupaten Karawang.

Dilansir dari Keputusan DPRD No. 01/SK/DPRD/1977, hari jadi kabupaten yang memiliki semboyan Benteng Pancasila ini adalah tanggal 5 April 1948.

Di artikel sebelumnya, Subang ternyata memiliki rekam jejak dari jaman prasejarah.

Lompat ke masa Republik Indonesia Serikat (RIS), Kabupaten Karawang waktu itu masuk dalam wilayah Negara Pasundan, sebelum daerah ini dipecah kembali menjadi dua yakni, di wilayah Barat menjadi Kabupaten Karawang dan wilayah timur menjadi Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Kabupaten Subang Akan Mekar, Ini Sejarah, Geografi, Iklim hingga Topografinya Saat Ini

Purwakarta kala itu beribukota di kecamatan Subang saat ini.

Baru pada tahun 1968 Purwakarta dipecah kembali menjadi Kabupaten Purwakarta yang beribukota di Purwakarta dan Kabupaten Subang yang beribu kota di Subang.

Mengingat sejarah panjang ketiga wilayah ini, istilah Purwasuka atau akronim dari Purwakarta-Subang-Karawang kini populer kembali, merepresentasikan wilayah metropolitan sekaligus wilayah geo-budaya yang meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Luas ketiga wilayah itu adalah sebesar 4.371,89 kilometer persegi dan dilewati oleh Jalur Pantura dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta dilewati jalur kereta api lokal dan rencananya Kereta Cepat Indonesia-China juga akan berhenti di Stasiun HSR Karawang.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: investasi.jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x