Kabupaten Subang Akan Mekar, Ini Sejarah, Geografi, Iklim hingga Topografinya Saat Ini

- 28 Juni 2023, 14:39 WIB
Kabupaten Subang
Kabupaten Subang /investasi.jabarprov.go.id/

BERITA SUBANG - Kabupaten Subang, yang terletak di provinsi Jawa Barat, tengah menjalani proses pemekaran, dengan 14 wilayah kecamatannya di bagian utara akan bertransformasi menjadi Subang Utara.

Kabupaten Subang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Dilansir dari investasi.jabarprov.go.id, Peraturan Daerah Kabupaten Subang Nomor 3 Tahun 2007, menyebutkan wilayah Kabupaten Subang terbagi menjadi 30 kecamatan, yang dibagi lagi menjadi 245 desa dan 8 kelurahan.

Sedangkan pusat pemerintahan terletak di Kecamatan Subang.

Baca Juga: Pemprov dan DPRD Jawa Barat Setujui Pemekaran Daerah Kabupaten Subang Utara, Ini 14 Kecamatan Terdampak

Kabupaten Subang bisa dibilang merupakan salah satu kota yang dilintasi jalur pantura, meski ibu kota Kabupaten ini tidak terletak di jalur ini.

Sudah ramai sejak zaman Soeharto, jalur pantura merupakan salah satu yang paling sibuk di Pulau Jawa dan Subang ikut menikmati cipratan pendapatan dari penciptaan nilai ekonomi dari jalur tersebut.

Kecamatan yang dilintasi jalur pantura adalah Ciasem dan Pamanukan.

"Selain dilintasi jalur Pantura, Kabupaten Subang dilintasi pula jalur jalan Alternatif Sadang Cikamurang, yang mlintas di tengah wilayah Kabupaten Subang dan menghubungkan Sadang, Kabupaten Purwakarta dengan Tomo, Kabupaten Sumedang, jalur ini sangat ramai terutama pada musim libur seperti lebaran," demikian penjelasan informasi dari investasi.jabarprov.go.id tentang jalur yang ada di Subang.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: investasi.jabarprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x