Pemda Subang akan Usulkan Tiga Nama Calon Pejabat, atau Pj Bupati di Agustus 2023, Ini Mekanismenya Kata Sekda

- 12 Juni 2023, 16:38 WIB
Sekda Subang H.Asep Nuroni menyebut untuk Pengusulan Pejabat (PJ) Kabupaten Subang, d akan di usulkan tiga bulan sebelum masa Jabatan Jimat-Akur Habis, dan akan diusulkan Tiga Nama hasil Paripurna.
Sekda Subang H.Asep Nuroni menyebut untuk Pengusulan Pejabat (PJ) Kabupaten Subang, d akan di usulkan tiga bulan sebelum masa Jabatan Jimat-Akur Habis, dan akan diusulkan Tiga Nama hasil Paripurna. /

 

BERITA SUBANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Subang akan mengusulkan Penjabat (Pj) Bupati, yang pengajuannya maksimal tiga bulan sebelum masa kepemimpinan Jimat-Akur (Bupati H. Ruhimat-Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi) habis.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, mengungkapkan, Pemda akan mengusulkan PJ Bupati maksimal tiga bulan sebelum masa kepemimpinan Jimat-Akur berakhir di Desember 2023.
 
Hal itu berarti nama tiga calon nama Pj Bupati Subang akan diajukan pada Agustus 2023, kata Sekda Asep Nuroni Senin, 12 Juni 2023.
 

"Mekanisme dalam pengusulan Pj Bupati, Pemda akan mengusulkan tiga nama ke DPRD Subang, kemudian nanti diusulkan lagi ke Pemprov Jabar, dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan selanjutnya usulan Pemda akan di Paripurnakan. Itu sudah merupakan aturannya seperti itu,"ungkap H.Asep Nuroni.

Sampai saat ini, lanjutnya, belum ada nama yang diusulkan, karena menunggu tiga bulan sebelum masa jabatan Bupati Ruhimat dan wakilnya Agus Masykur (Jimat-Akur) berakhir pada Desember 2023.

"Kalau menurut aturan, kan daerah boleh  mengusulkan tiga nama, kemudian pemprov tiga, dan tiga lagi dari Kemendagri. Kita ikut aja aturan itu," kata Asep Nuroni.

Sekda mencontohkan, ada daerah yang sudah dijabat oleh Pj, misalnya Bekasi.

Ada yang dijabat dari daerah, provinsi, atau dari Kemendagri, seperti Bekasi contohnya, Pj-nya sekarang dari Pemprov.

Lalu, Cimahi, Pj-nya dari Kemendagri dan Tasikmalaya, Pj-nya dari daerah.

Semua kemungkinan tersebut bisa terjadi, ujarnya.

***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x