Warga Protes Akibat Bangunan di Pasar Ciasem, Subang Diduga Serobot Badan Jalan Desa, Patok BPN Hilang

- 24 Januari 2023, 16:06 WIB
/PurwakartaTalk/

BERITA SUBANG - Warga yang tinggal di sekitar Pasar Ciasem di Kabupaten Subang, Jawa Barat, memprotes keberadaan bangunan pasar yang dianggap memakai jalan desa.

Pasar Ciasem merupakan pasar rakyat yang sudah ada sejak dekade 80-an, sempat mengalami kebakaran hebat pada 1988.

Pemerintah lalu merevitalisasi pasar bersejarah tersebut dan seiring perkembangan, Pemerintah Kabupaten Subang kembali melakukan proyek revitalisasi Pasar Ciasem sejak dua tahun silam.

Namun warga yang tinggal di sekitar Pasar Ciasem, kecewa dan mereka menuntut kontraktor Pasar Ciasem untuk membongkar bangunan pasar yang dianggap memakai jalan desa.

"Ada 1,5 meter lebar jalan yang sekarang sudah dijadikan bangunan pasar," kata juru bicara warga seputar Pasar Ciasem, Agung Saptha, melalui siaran pers, Jum'at 20 Januari 2022, seperti dilansir dari Purwakarta Talk dalam berita berjudul Warga Tuntut Pembongkaran Bangunan Pasar Ciasem Subang yang Serobot Badan Jalan Desa.

Warga menelisik hasil pengukuran batas tanah pasar ini yang pernah dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Mereka menduga pemborong menggunakan jalan tersebut untuk kepentingan penambahan luas bangunan pasar dan mengakibatkan lebar jalan susut 1,5 meter, dari 6 meter menjadi 4,5 meter.

Menurut Agung Saptha, pemborong terlihat tidak mengindahkan hasil pengukuran BPN dan diduga tanda titik batas (patok) yang dipasang BPN saat ini sudah dihilangkan.

Merasa kepentingan umum diserobot, warga pun menyetop aktivitas pembangunan yang berkaitan dengan jalan tersebut.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x