Tekan Angka Kemiskinan, Dinsos Karawang Terapkan Beberapa Program

- 6 Oktober 2021, 16:00 WIB
Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Karawang Dani Laga
Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Karawang Dani Laga /Karawangpost/Rusdi/

 

BERITA SUBANG - Dalam upaya menekan angka kemiskinan, khususnya di Kabupaten Karawang. Dinas Sosial Kabupaten Karawang menerapkan salah satu programnya yaitu pemberdayaan fakir miskin.

Program ini adalah inisiatif dari Dinas Sosial Kabupaten Karawang untuk menekan angka kemiskinan di wilayahnya. Namun dalam hal penyalurannya nanti masih tetap menggunakan data-data dari Kementrian Sosial.

Program yang dimaksud Dinas Sosial Kabupaten Karawang adalah pemberdayaan keluarga fakir miskin untuk 35 keluarga di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Majalaya, Cikampek, dan Kecamatan Pedes.

Data keluarga yang berhak mendapat bantuan pemberdayaan ini didapat Dinas Sosial Kabupaten Karawang berdasarkan dari data Kementerian Sosial.

"Jumlah tersebut masih terbatas, karena anggaranya juga terbatas, hanya Rp110 juta per tahun," ungkap Pelaksana Tugas Sekretaris Dinas Sosial, Dani Laga.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Masker Dinsos Karangasem Bali, Kejari Geledah Kantor BPKAD

Program Pemberdayaan fakir miskin akan berfokus pada pelatihan dasar untuk pengembangan usaha perikanan. Sebelumnya kita ketahui bahwa Karawang merupakan daerah dengan potensi sektor perikanan yang sangat tinggi. 

Untuk menunjang hal tersebut Dinas Sosial bekerja sama langsung dengan Dinas Perikanan Kabupaten Karawang.

Selain program dari Dinas Sosial, Program lain dari Kementerian Sosial masih akan terus berlanjut. Dari data yang telah diperoleh, pada tahun ini 81.568 keluarga telah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 120.739 keluarga telah menerima Bantuan Non-Tunai atau Program Sembako langsung dari Kementerian Sosial.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah