Bupati Subang Tinjau Progres Pembangunan Waduk Sadawarna

- 29 Juli 2021, 17:37 WIB
Bupati Subang H. Ruhimat (posisi menunjuk) saat meninjau progres pembangunan Waduk Sadawarna di Kecamatan Cibogo, Rabu (28 Juli 2021).
Bupati Subang H. Ruhimat (posisi menunjuk) saat meninjau progres pembangunan Waduk Sadawarna di Kecamatan Cibogo, Rabu (28 Juli 2021). /Dok. Prokompim Setda Subang/

BERITA SUBANG - Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Proyek Strategi Nasional yang berada di wilayah Kabupaten Subang, lokasi bendunga tersebut berada di Desa Cibalandong Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang - Jawa Barat.

Ketentuan itu sebagaimana ditetapkan dalam Perpres Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan ke Tiga atas Peraturan Presiden Nomor Tiga Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Untuk mengetahui sejauh mana progres pembangunan Bendungan Sadawarna, maka Bupati Subang, H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat melaksanakan peninjauan ke lokasi pembangunan Bendungan Sadawarna, pada Rabu 28 Juli 2021.

"Bendungan Cipunagara dibangun untuk mensupply air ke Bendungan Sadawarna yang diteruskan ke Bendungan Cipancuh sehingga daerah irigasi di ujung Sistem Jatiluhur tidak kekurangan air ketika musim kering," ungkap H. Ruhimat.

"Dengan membuat saluran suplesi dari Sungai Cipunagara ke Sistem Cipancuh melalui Sungai Cikandung (anak sungai Cipunagara)," lanjut Bupati Subang.

Secara kronologis, pembangunan Waduk Sadawarna sudah dimulai sejak Tahun 2004 diawali dengan studi kelayakan, lalu dilanjutkan dengan perencanaan pada Tahun 2005.

Kemudian kajian teknis keamanan Bendungan Sadawarna dilakukan pada Tahun 2006, dan perencanaan detail tahap II Waduk Sadawarna di Kabupaten Subang dan Sumedang pada Tahun 2007.

Berikutnya, pada Tahun 2009 dilajutkan dengan model test fisik, Tahun 2009 - review desain rencana waduk, Tahun 2012 - penyelidikan geologi teknik dan finalisasi.

Pada Tahun 2012 dikerjakan study rencana tindak pembebasan lahan dan pemukiman kembali.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x