Banyak Desa Tunggak Setoran PBB di Subang, di Desa Maningsal Itu Bukan Masalah, Apa Resepnya?

- 8 Januari 2021, 04:05 WIB
Kades Manyingsal Asmedi (paling kanan) merupakan salah satu pemimpin desa yang tidak punya tunggakan PBB ke Pemda
Kades Manyingsal Asmedi (paling kanan) merupakan salah satu pemimpin desa yang tidak punya tunggakan PBB ke Pemda /Foto: BeritaSubang.com/Yudi S./

BERITA SUBANG - Masalah kurang setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari desa ke Pemda adalah penyakit menahun, tidak hanya di Kabupaten Subang, tapi juga beberapa daerah di Jawa Barat.

Tahun lalu, Pemkab Subang, seperti dijelaskan Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi, berkomitmen mengamankan penerimaan pajak daerah, sampai berupaya menyisir tunggakan bajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan.

Setoran pajak ini sangat penting menjamin keberlangsungan anggaran pembangunan di kabupaten.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Bandeng Agar Jadi Usaha Menguntungkan Tapi Ramah Lingkungan, Cek Disini

Saking pentingnya mengejar setoran PBB dari desa, Bupati Subang sampai memberikan hadiah 50 mobil bagi kepala desa yang lunas setoran PBBnya di tahun 2020. Di Subang ada total 253 desa, dan tahun lalu, hanya seperlima yang kewajiban PBB nya lunas tepat target. 

Salah satu Kades yang dianggap berprestasi dan mendapat hadiah mobil itu adalah Asmedi, Penjabat Kepala Desa Manyingsal di Kecamatan Cipunagara, yang menjabat untuk periode awal hingga pertengahan 2021. 

Penjabat Kepala Desa adalah PNS penjabat sementara yang diangkat oleh Bupati untuk melaksanakan tugas, wewenang, kewajiban dan hak kepala desa dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Cerita Ajudan Bupati Subang Sukses Taklukkan Hati Putri Bosnya, Awalnya Takut Hingga Dicuekin

Asmedi, selain menjabat Kades, ternyata merupakan Kepala Satpol PP Kecamatan Cipunagara. 

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah