BPIP: Masyarakat Sipil Awasi Penyelenggara Pemilu agar Netral

- 27 November 2023, 17:32 WIB
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo.
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo. /Foto: Istimewa/

 

BERITASUBANG.COM - Jelang dimulainya musim kampanye Pemilu 2024, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo mengajak masyarakat untuk mengawasi kerja-kerja lembaga penyelenggara Pemilu, Bawaslu dan KPU untuk tidak memberi keistimewaan pada paslon tertentu.

“ Maka yang harus didorong adalah Bawaslu, harus memainkan peranan untuk menjalankan tugas, mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan dan tidak terjadi memberi keistimewaan kepada calon tertentu atau membiarkan pelanggaran itu terjadi.” ujar Romo Benny, Senin, 27 November 2023.

Pemilu yang Jurdil, jujur dan adil, hanya mungkin terjadi kalau kita bersama-sama mengawasi jalannya pemilu yang jujur-adil dan transparan dengan mengawasi penyelenggara pemilu agar bertindak netral dan tidak berpihak.

Baca Juga: Selamat Jalan Ibu Karsiyah, Perjuangan Reformasi Belum Tuntas

“ Maka Bawaslu harus berperan secara aktif, kalau bawaslu tidak aktif, maka masyarakat harus mengingatkan, menegur, mengkritik, bahkan bisa masyarakat bisa memberikan mosi tidak percaya kepada bawaslu karena Bawaslu tidak menjalankan tugasnya.” imbuh Romo Benny.

Tugas pengawasan berlapis, oleh Bawaslu itu sendiri selaku penyelenggara maupun masyarakat sipil,harus dilakukan demi keadaban bangsa dan terciptanya sebuah pemerintahan yang memiliki trust di mata publik.

“Kalau pemilu tahun ini dipenuhi dengan kecurangan, ketidak bahagian publik, dan pemilu itu penuh dengan cacat, maka jalannya pemerintahan akan… ya iyaa… maka jangan kita mempermainkan pemilu dengan menggunakan cara-cara yang penuh manipulatif.” jelas Romo Benny.

Baca Juga: Berbeda DPP, PAC Projo Babakan Cirebon Malah Dukung Ganjar-Mahfud

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x