Menko PMK Muhadjir Anjurkan Pemudik Keluar Tol Ketika Ingin Beristirahat untuk Hidupkan Ekonomi Daerah

- 24 April 2023, 02:41 WIB
Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Posko Command Center Korlantas Polri KM 29, Rest Area KM 57A
Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Posko Command Center Korlantas Polri KM 29, Rest Area KM 57A /Dok. kemenkopmk.go.id/

BERITA SUBANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau pemudik agar mau keluar tol (exit tol) jika mereka ingin beristirahat, ketimbang membanjiri Rest Area.

Hal ini diungkapkan ketika ia meninjau Posko Command Center Korlantas Polri KM 29, Rest Area KM 57A, dan Kantor Jasa Marga KM 70 bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Para pejabat tinggi negara tersebut memantau perkembangan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 atau 1444 H, pada hari Kamis, 20 April 2023.

Muhadjir menyampaikan secara umum arus lalu lintas berjalan dengan lancar dan tidak ditemui insiden atau kecelakaan fatal yang terjadi.

Ia menjelaskan penumpukan arus mudik di beberapa titik yang terjadi pada tahun lalu sudah dapat diatasi dengan memberikan penambahan fasilitas dan tata kelola yang lebih cermat oleh jajaran terkait.

Meski sempat ditemui peningkatan arus kendaraan, Muhadjir mengatakan bahwa volume kendaraan sudah mulai melandai.

"Arus mudik mengalami kenaikan yang cukup besar dari semula 135 ribu sekarang menjadi 163 ribu. Jadi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tadi malam, dan sekarang sudah ada kecenderungan melandai,” kata Muhadjir.

Namun demikian, ia menyampaikan bahwa pemberlakukan satu jalur atau one way masih akan tetap diberlakukan untuk jurusan ke arah Kalikangkung.

Pihak-pihak terkait akan terus memantau kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di lapangan. Pengaturan ulang arus lalu lintas akan dilakukan jika semua kondisinya sudah memungkinkan.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x