Pasca Covid-19, Bali Kembali Buka Pintu Bagi Wisatawan Asal China

- 22 Januari 2023, 08:13 WIB
Pasca Covid-19, Bali Kembali Buka Pintu Bagi Wisatawan Asal China
Pasca Covid-19, Bali Kembali Buka Pintu Bagi Wisatawan Asal China /Pixabay/analogicus/

BERITA SUBANG-Kemenparekraf/Baparekraf bersama stakeholder pariwisata di Bali akan menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) asal China pasca keputusan pemerintah negara itu yang mencabut pembatasan perjalanan ketat internasional pada 8 Januari 2023.

Penerbangan langsung wisman China ke Bali direncanakan pada 22 Januari 2023 dengan penerbangan maskapai Lion Air dari Shenzhen yang membawa sebanyak 210 pax.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno Jumat 20 Januari 2023 mengatakan, kedatangan kembali wisman Tiongkok menandakan Indonesia khususnya Bali masih menjadi top of mind atau destinasi favorit wisatawan.

 Baca Juga: Hotspot Mulai Terdeteksi, Mahfud MD Minta Semua Pihak Siaga Karhutla

"Berdasarkan data Online Travel Ageng (OTA) di Tiongkok, terjadi peningkatan volume pencarian destinasi wisata di luar negeri sebesar 430 persen. Indonesia masuk dalam top 5 pencarian dan volume pencarian Bali meningkat 250 persen," kata Menparekraf Sandiaga.

Kedatangan kembali wisatawan Tiongkok ini diharapkan dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara yang tahun ini mencapai 3,5 juta hingga 7,4 juta kunjungan.

Tiongkok merupakan salah satu negara pasar terbesar untuk pariwisata di Indonesia.

 Baca Juga: Mendag Bawa Misi Dagang dan Investasi ke Arab Saudi

Menparekraf Sandiaga menekankan, pihaknya bersama pihak-pihak terkait akan berkolaborasi memastikan pelaksanaan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya terhadap wisatawan asal Tiongkok, dijalankan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x