Siap-siap! Selasa, 6 September 2022 Ada Demo Besar-Besaran Buruh di 33 Provinsi Menolak Kenaikan Harga BBM

- 5 September 2022, 10:39 WIB
Presiden Partai Buruh Said Iqbal memimpin partainya mendaftar ke KPU RI sebagai calon peserta Pemilu 2024
Presiden Partai Buruh Said Iqbal memimpin partainya mendaftar ke KPU RI sebagai calon peserta Pemilu 2024 /Arif Rahman/Jurnal Medan

BERITA SUBANG - Setelah hari ini, sejumlah elemen organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan demonstrasi di Istana Negara menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), kini giliran buruh menggelar aksi dengan skala yang lebih besar.

Aksi demonstrasi besar-besaran rencananya diadakan pada Selasa, 6 September 2022, seperti dijelaskan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, yang mengklaim akan ada puluhan ribu buruh yang akan menggelar demo.

Di Jakarta, aksi demo buruh akan dipusatkan di depan Gedung DPR, namun KSPI mengklaim akan ada demo di 33 provinsi menolak kenaikan harga BBM.

Baca Juga: Massa Buruh Minta DPR RI Bentuk Pansus BBM, KSPI: 'Jika Tidak Dibentuk Tanggung Jawab Jika Terjadi Kerusuhan'

Dalam pernyataan tertulisnya, buruh meminta Pimpinan DPR memanggil Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan para menteri terkait dengan kebijakan kenaikan harga BBM.

"Bilamana aksi 6 September tidak didengar pemerintah dan DPR, maka Partai Buruh dan KSPI akan mengorganisir aksi lanjut dengan mengusung isu tolak kenaikan harga BBM, tolak omnibus law, dan naikkan upah tahun 2023 sebesar 10 persen sampai 13 persen," ujar Said melalui pernyataan tertulis, Minggu 4 September 2022.

Said menjelaskan beberapa alasan buruh menolak kenaikan harga BBM adalah:

1. Harga BBM naik akan menurunkan daya beli masyarakat dan daya beli saat ini sudah tergerus 30 persen. Dengan kenaikan harga BBM, daya beli diperkirkan turun lagi menjadi 50 persen.

Baca Juga: Demo Buruh Selasa Ini, 6 September 2022, Polda Metro Tak Lakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas, di Mana Saja?

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x