Kurikulum Merdeka Itu Apa Sih? Apakah Wajib Bagi Semua Sekolah? Ini Penjelasan Pemerintah

- 28 Agustus 2022, 06:04 WIB
Apakah Kurikulum Merdeka? Simak penjelasannya di artikel berikut
Apakah Kurikulum Merdeka? Simak penjelasannya di artikel berikut /freepik.com

BERITA SUBANG - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pernah mengungkapkan bahwa pada tahun ajaran 2023-2024, sebanyak 140.000 sekolah telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

Bagaimana konsep kurikulum Merdeka belajar? Apa keunggulan kurikulum merdeka? dan Apa ciri khas kurikulum merdeka?

Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasannya.

Menurut peraturan, tidak setiap wajib menerapkan kurikulum Merdeka karena hal tersebut tergantung kesiapan dan kondisi sekolah.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memiliki pembelajaran beragam.

Konten diarahkan agar lebih optimal sehingga peserta didik memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi mereka.

Di lain pihak, guru memiliki keleluasaan dalam memilih berbagai perangkat ajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat para peserta didik.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim pernah menjelaskan kelebihan Kurikulum Merdeka untuk sekolah yang menerapkan dan keuntungannya untuk para siswa.

Menurut Nadiem, Kurikulum Merdeka dapat memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x