Refly Harun: Benny Mamoto Mirip Juru Bicara Polri

- 9 Agustus 2022, 15:25 WIB
Bahas Pernyataan Benny Mamoto yang Terkesan Bela Ferdy Sambo dalam Kasus Brigadir J, Refly Harun Singgung KM 50  TERAS GORONTALO - Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto kini sedang menjadi perhatian publik terkait pernyataannya yang kontroversi dalam kasus Brigadir J.  Pernyataan Benny Mamoto terkesan
Bahas Pernyataan Benny Mamoto yang Terkesan Bela Ferdy Sambo dalam Kasus Brigadir J, Refly Harun Singgung KM 50 TERAS GORONTALO - Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto kini sedang menjadi perhatian publik terkait pernyataannya yang kontroversi dalam kasus Brigadir J. Pernyataan Benny Mamoto terkesan /kolase foto Pikiran Rakyat/

 

BERITA SUBANG - Pakar hukum tata negara Refly Harun menilai Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen (Purn) Benny Mamoto terkesan membela Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Joshua Hutabarat alias Brigadir J.

Refly Harun mengungkapkan, tidak seharusnya Benny Mamoto bersikap seperti itu. Pasalnya, tupoksi Kompolnas bukan untuk menjadi juru bicara (jubir) kepolisian.

"Dia tidak menjadi juru bicara pihak kepolisian. Tetapi memastikan pihak kepolisian sudah bekerja baik maupun tidak. Dan tidak perlu terkesan menjadi juru bicara kepolisian seharusnya seperti itu yang saya pahami," kata Refly Harun di Kanal Youtube pribadinya, Senin 8 Agustus 2022.

 Baca Juga: Tunjukkan Keberpihakan, Tokoh Agama dan Masyarakat Desak Kapolri Periksa Benny Mamoto

Refly membeberkan tugas Kompolnas. Pertama, membantu Presiden dalam arah kebijakan Polri.Kedua, memberikan saran kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri

"Wewenangnya adalah mengumpulkan data sebagai bahan untuk saran kepada Presiden yang berkaitan dengan anggaran kepolisian," kata Refly Harun.

Kemudian, memberikan pertimbangan dan saran lain sebagai wujud Polri yang profesional dan mandiri. Terakhir, menerima saran masyarakat untuk kinerja kepolisian dan menyampaikannya kepada Presiden.

"Jadi Kampolnas adalah mata dan kakinya Presiden untuk mengawasi polisi dan bukan menjadi juru bicara polisi. Jadi salah kaprah Benny Mamoto," kata  Refly Harun.

 Baca Juga: Viral TikTok Bharada E Minta Pertolongan Pubik, Takut Hilang, Pengacara Sebut Hoaks

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x