Terlengkap! Ini Elektabilitas Parpol di 2024 dan Elektabilitas Tokoh Nasional di Pilpres 2024

- 27 Maret 2022, 16:26 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih Capres 2024 terkuat? Ini hasil survei
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih Capres 2024 terkuat? Ini hasil survei /Pangandaran.pikiran-rakyat.com/

BERITA SUBANG - Pada Pemilu 2024, berbagai survei menunjukkan elektabilitas tiga partai politik yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Golkar diperkirakan akan mendominasi.

Namun bagaimana elektabilitas sejumlah figur yang namanya mulai masuk radar pada Pilpres 2024? Berikut rangkuman dari berbagai lembaga survei.

Terkait elektabilitas partai, survei terkini dari Center for Political Communication Studies (CPCS) pada periode 21-31 Januari 2022 menunjukkan tingkat elektabilitas tiga partai politik yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Golkar diperkirakan mendominasi.

Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta dikutip ANTARA, Jumat 4 Februari 2022 lalu, mengatakan ketiga partai tersebut memiliki elektabilitas sebagai berikut: PDI Perjuangan sebesar 15,8 persen, Gerindra (13,0 persen) dan Golkar (8,1 persen).

Okta menggarisbawahi tingkat elektabilitas sejumlah partai politik cenderung menunjukkan stagnan atau tidak ada perubahan.

Baca Juga: Rotasi Fraksi Golkar di DPR Preferensi Ketum, Akankah Terjadi Munaslub ? Poempida: Saya Dengar Begitu

Survei CPCS menunjukkan di posisi ke 4 diduduki oleh PKB (6,5 persen) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bisa terkerek mencapai 5,1 persen. Pada pemilu 2019, PSI belum berhasil mendapatkan kursi di tingka DPR RI, tapi dapat memperoleh perwakilan di tingkat DPRD DKI Jakarta.

Selain lima partai di atas, ada Partai Demokrat (5 persen), disusul PKS (4,6 persen), dan Nasdem (4,3 persen).

"Dengan modal elektabilitas yang ada, parpol-parpol tersebut bisa mengamankan diri di atas ketentuan ambang batas parliamentary threshold sebesar empat persen,” tutur Okta.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x