Polres Salatiga Menerjunkan Ratusan Personel Gabungan guna Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Menjelang Nataru

- 23 Desember 2021, 15:34 WIB
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana menyatakan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2021 akan dimulai pada Jumat pagi, 24 Desember 2021.
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana menyatakan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2021 akan dimulai pada Jumat pagi, 24 Desember 2021. /Dok. humas.polri.go.id/

BERITA SUBANG - Menjelang hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 digelar pada hari Kamis, 23 Desember 2021, yang bertempat di lapangan Bhayangkara Polres Salatiga dan dipimpin langsung oleh Walikota Salatiga Yuliyanto, S.E., M.M., didampingi Jajaran Forkopimda Kota Salatiga.

Apel ini memiliki tema "Melalui Apel Gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam rangka Memberikan Rasa Aman dan nyaman Pada Perayaan Natal 2021 Dan tahun Baru 2022 diwilayah Hukum Polres Salatiga" dan dihadiri ratusan personel yang terdiri dari peleton TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Pramuka.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Salatiga membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa perayaan Nataru menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia dengan kegiatan beribadah, berkumpul dan bersuka cita bersama keluarga, serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi.

Hal tersebut kemungkinan besar akan menimbulkan peningkatan mobilitas serta aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), maka diperlukan adanya antisipasi mengingat saat ini masih di tengah pandemi Covid 19.

Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat pertama se-Asia Tenggara dalam pemulihan pandemi dan ini harus dipertahankan dengan tidak mengendorkan protokol kesehatan, mengingat varian baru Omicron yang telah ada kasusnya di Indonesia.

"Adapun langkah mengendalikan penyebaran Covid 19 selama dan sesudah Nataru antara lain kedisiplinan prokes 3M, penguatan PPKM Mikro, pengelola tempat wisata harus memenuhi sertifikat CHSE, dan tempat ibadah maupun tempat usaha menerapkan aplikasi PeduliLindungi," papar Walikota Salatiga

"Selanjutnya vaksinasi serta pengawasan secara ketat pelaksanaan ibadah maupun tempat wisata dengan kapasitas maksimum 50 persen, selain itu tingkatkan pelaksanaan testing, tracing, treatment dan meniadakan segala bentuk kegiatan masyarakat pada saat pergantian tahun baru," lanjutnya.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Candi 2021 untuk menjaga stamina dan mematuhi prokes dalam melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis untuk mengawal aktivitas masyarakat dan juga bersinergi dengan stakholders terkait.

Sedangkan Kepala Polres Salatiga AKBP Indra Mardiana memaparkan bahwa pada Operasi Lilin Candi 2021 yang akan digelar dari tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 tersebut akan dikerahkan sebanyak 509 personel dari pihak Polres Salatiga, TNI dan Polri, serta stakeholder terkait yang akan ditempatkan di 4 Pospam dan 1 Posyan di wilayah Kota Salatiga.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x