Omicron Masuk Indonesia, Menkes Budi Minta Masyarakat Tenang dan Tidak ke Luar Negeri

- 16 Desember 2021, 13:08 WIB
Ilustrasi penerbangan internasional.
Ilustrasi penerbangan internasional. /Foto: PIXABAY/Edar /

 BERITA SUBANG - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kasus pertama Varian Omicron ditemukan pada seorang pasien Covid-19 berinisial N,  petugas kebersihan di Wisma Atlet Jakarta pada 15 Desember 2021.

Namun demikian, Menkes Budi meminta masyarakat tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa,  tetap disiplin protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Tidak usah khawatir, tidak usah panik, tetap hidup seperti biasa, yang paling penting adalah jaga kewaspadaan, protokol kesehatan jangan kendor, jangan kurang disiplinnya, terutama untuk memakai masker dan menjaga jarak, pastikan jangan terlalu berkerumun di acara dengan banyak orang," kata Budi dalam jumpa pers  virtual, Kamis 16 Desember 2021.

Baca Juga: Menkes Budi Ungkap Kronologi Kasus Pertama Omicron di Wisma Atlet Kemayoran 

Menkes  meminta masyarakat untuk tidak pergi ke luar negeri jika tidak dengan kepentingan yang mendesak. Pasalnya varian omicron semakin meluas dari negara satu ke negara lain.

"Kurangi perjalanan ke luar negeri yang tidak penting, penyebaran omicron ini terbukti sangat cepat, di Inggris yang tadinya naik ratusan per hari, sekarang sudah 70 ribu per hari, lebih tinggi dari puncak kasus Indonesia," imbau Menkes Budi.

Menkes Budi lantas menuturkan kronologi terungkapnya varian omicron tersebut yang menimpa pasien berinisial N pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet.

Menurut Menkes, pada tanggal 8 Desember 2021, diadakan pemeriksaan rutin oleh tim dari Wisma Atlet, Kemayoran. Selanjutnya hasilnya dikirimkan ke Kementerian Kesehatan untuk dilakukan WGS (whole genome sequencing).

 Baca Juga: Ini Gejala Virus Covid-19 Terbaru Omicron Menurut Ahli, Kelelahan Hebat

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x