Menkes Budi Ungkap Kronologi Kasus Pertama Omicron di Wisma Atlet Kemayoran

- 16 Desember 2021, 12:45 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin konfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia dan imbau masyarakat tak perlu panik.
Menkes Budi Gunadi Sadikin konfirmasi kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Indonesia dan imbau masyarakat tak perlu panik. /Antara News

BERITA SUBANG - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan kasus pertama varian Omicron di Indonesia telah terdeteksi.

"Kementerian kesehatan pada Rabu 15 Desember 2021 malam mendeteksi seorang pasien berinisal N terkonfirmasi positif  Omicron," ungkap Budi dalam konferensi pers virtual Kamis 16 Desember 2021.

Menkes budi memastikan,  data pasien sudah dikonfirmasikan oleh GISAID yang menyebutkan bahwa laporan ini adalah varian Omicron.

Menkes Budi lantas menuturkan kronologi terungkapnya varian omicron tersebut yang menimpa pasien berinisial N pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet, Kemayoran.

 Baca Juga: Breaking News, Omicron Sudah Masuk Indonesia, Petugas Kebersihan di Wisma Atlet Terdeteksi Positif

Menurut Menkes, pada tanggal 8 Desember 2021, diadakan pemeriksaan rutin oleh tim dari Wisma Atlet, Kemayoran. Selanjutnya hasilnya dikirimkan ke Kementerian Kesehatan untuk dilakukan WGS (whole genome sequencing).

Menkes Budi menjelaskan, bahwa Kemenkes menerima tiga sampel pada tanggal 10 Desember 2021 untuk dilakukan tes genome sequencing di Balitbangkes.

Selanjutnya pada  tanggal 15 Desember 2021 keluar hasil genome sequence yang menyatakan satu orang terpapar varian Omicron.

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Menkes Budi Minta Masyarakat Tenang dan Tidak ke Luar Negeri

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x