Menkominfo Dorong Pemerintah Daerah untuk Ambil Bagian dalam Mencetak Talenta Digital

- 10 Desember 2021, 17:11 WIB
Acara Penandatanganan MoU Kerja Sama Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di Ayana Hotel, Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur, pada hari Jumat, 10 Desember 2021.
Acara Penandatanganan MoU Kerja Sama Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di Ayana Hotel, Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur, pada hari Jumat, 10 Desember 2021. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship (DTS) dalam menyiapkan sumber daya manusia dan talenta digital di Indonesia sebagai kunci utama percepatan transformasi digital.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengharapkan program DTS dari Kominfo akan berguna dalam mendorong masyarakat untuk lebih produktif dalam beraktivitas di ruang digital.

Menteri Johnny G Plate menyampaikan hal ini dalam acara Penandatanganan MoU Kerja Sama Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di Ayana Hotel, Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur, pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

"Kominfo hadir untuk menjadi pendamping, menghantar daerah untuk memasuki era baru era transformasi digital melalui Program DTS. Hari ini kita hadir di Labuan Bajo sebagai piloting untuk dibicarakan kepada seluruh pemimpin daerah di Indonesia," ujarnya.

Hal ini menurut Menkominfo sejalan dengan gagasan Presiden Jokowi terkait transformasi digital yang harus diaplikasikan di ekosistem jajaran pemerintahan Indonesia baik di dalam negeri maupun global.

"Bagaimana kita menerjemahkan secara konkret transformasi digital yang digagas oleh Presiden Joko Widodo dengan ekosistem di dalam negeri maupun isu-isu global. Tidak boleh lagi stop atau diretorika. Ini tidak murah, tidak gampang, tetapi bisa dilakukan," paparnya.

Dengan program DTS Kominfo yang dilaksanakan dengan kolaborasi bersama Pemkab Manggarai Barat yang diminta untuk mengambil bagian aktif, Menteri Johnny menargetkan sebanyak 20 ribu talenta digital.

"Kominfo berupaya membangun infrastruktur TIK secara masif di seluruh wilayah Indonesia melalui penggelaran fiber optic, pembangunan base transceiver station (BTS), dan satelit. Jadi, saya minta kepada Bapak Bupati Manggarai Barat, kalau minta 20.000 talenta digital, ya harus dipastikan tersedia 20.000 dengan semua tingkat kecakapan," katanya.

Menurut Menkominfo, pemerintahan Provinsi NTT saat ini belum terlibat secara keseluruhan dalam memanfaatkan peningkatan literasi digital yang telah disediakan oleh Kementerian Kominfo.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x