Survei indEX Research Jagokan Ganjar, Prabowo dan Ridwan Sebagai Capres 2024

- 7 Oktober 2021, 19:53 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo /Instagram.com @ganjar_pranowo/

BERITA SUBANG - Tiga tokoh ini yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi untuk diusung sebagai calon presiden pada 2024.

Peneliti Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research Hendri Kurniawan dalam siaran pers di Jakarta, Kamis Kamis 7 Oktober 2021 mengatakan, jika tren itu berlanjut, Ganjar berpeluang terus menduduki posisi pertama untuk tokoh dengan tingkat elektabilitas tertinggi bursa capres 2024.

Walaupun demikian, peluang Prabowo maju sebagai capres masih jauh lebih besar, karena menjabat sebagai ketua umum partai politik. Sebaliknya, Ganjar dinilai akan terus mendapat tekanan dari partainya, PDI Perjuangan.

Baca Juga: Yaqut Cholil dan Muhaimin Iskandar Berpeluang Maju di Bursa Capres 2024

“Meskipun unggul, Ganjar masih memerlukan elektabilitas cukup tinggi untuk memenangkan dukungan dari parpol agar dapat berlaga di Pilpres (Pemilihan Presiden) 2024,” kata dia.

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan pertama dengan 17,5 persen. Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menyusul di posisi kedua 17,1 persen. Posisi ketiga diisi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan skor elektabilitas 13,8 persen.

“Ganjar, Prabowo, dan RK menguasai tiga besar calon presiden, sedangkan Puan dan Airlangga merayap di papan bawah,” kata Hendri Kurniawan.

Ada 13 nama tokoh yang diprediksi masuk bursa capres untuk 2024. Selain Ganjar, Prabowo, dan Ridwan Kamil, ada juga nama Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati urutan keempat dengan skor 7,5 persen, kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno di posisi kelima dengan skor 6,9 persen.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x